Ketua DPD Dukung Wacana Jokowi Pindah Ibu Kota ke Kalimantan

Oleh: Felix Nathaniel - 16 Agustus 2019
Ketua Dewan Perwakilan Daerah Indonesia Oesman Sapta Odang (OSO) memberikan sambutan dalam sidang bersama DPR dan DPD RI, hari ini, Jumat (16/8/2019).
tirto.id - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Oesman Sapta Odang (OSO) memberikan sambutan dalam sidang bersama DPR dan DPD RI, hari ini, Jumat (16/8/2019).

Dalam pidatonya, dia menyatakan bahwa jajarannya siap mendukung wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

"Kami mendukung rencana Pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan," kata pria kerap disapa OSO di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Menurut dia, sejauh ini pemerintahan Joko Widodo sudah berjalan dengan baik. Berbagai prestasi di era Jokowi itu, menurut OSO, memang harus merata ke setiap daerah.

"Di sisi lain yang perlu mendapat perhatian adalah pembentukan regulasi khusus terkait dengan pembangunan daerah kepulauan sebagai salah satu solusi dalam menghilangkan kesenjangan," tegasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan Ibu Kota Indonesia akan pindah dari Jakarta ke salah satu lokasi di Pulau Kalimantan. Namun, pemerintah belum memutuskan lokasi pasti untuk ibu kota baru. Calon lokasi ibu kota baru tersebut dibahas dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, pada hari ini.

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut, ada tiga calon lokasi ibu kota baru yang dibahas dalam rapat itu. Ketiganya ada di Pulau Kalimantan.

“Tadi kami menyampaikan analisa dari masing-masing kandidat [lokasi ibu kota] dari Kalimatan Tengah, Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Timur, dan kemudian kami sampaikan kelebihan dan kekurangannya,” kata Bambang setelah menghadiri rapat terbatas di Kantor Presiden seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet.


Baca juga artikel terkait PEMINDAHAN IBU KOTA atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri
DarkLight