Pilgub Jabar 2018: Pasangan Deddy-Dedi Menang Telak di TPS SBY

Oleh: Naufal Mamduh - 27 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Di TPS 06, tempat SBY memilih, pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi meraup 119 suara dalam Pilgub Jabar 2018.
tirto.id - Dalam Pilgub Jabar 2018, pasangan nomor urut empat Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi unggul di TPS 06, Desa Nagrak Kecamatan Gunung Putri. Lokasi ini berada di dekat kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sekaligus menjadi TPS Ketua Umum Partai Demokrat itu mencoblos.

Berdasarkan hasil perhitungan, pasangan Deddy-Dedi unggul cukup jauh dengan para kandidat lainnya. Cagub dan cawagub yang diusung Partai Demokrat dan Partai Golkar ini meraup 119 suara.

Perolehan suara kemudian disusul dengan pasangan nomor urut tiga Surdajat-Ahmad Syaikhu dengan 86 suara. Sementara itu, pasangan nomor urut satu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan 32 suara. Pada posisi terakhir ditempati oleh pasangan Hasanudin-Anton Charliyan dengan 10 suara.

"Pasangan nomor urut empat mendapat perolehan 119 suara," ucap Ketua KPPS TPS 06 Aep Nurbaeni kepada Tirto, Rabu (27/6/2018).

Penghitungan dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Berdasarkan hasil pemungutan suara, ada 253 pemilih yang memberikan hak suaranya dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 315. Pada pemilihan hari ini ada 6 suara yang tidak sah karena terjadi kesalahan pada saat pencoblosan.

"Suara tidak sah ada 6. Kasusnya ada yang coblos lebih dari satu atau ga dicoblos," ucap Aep.

TPS 06 adi pagi menjadi tempat SBY beserta istri, anak, dan menantunya memberikan hak suara. Mereka tiba pada pukul 08.45 WIB dengan menggunakan batik berwarna biru.

Usai mencoblos SBY mengatakan bahwa TPS 06 selalu menjadi tempat dirinya dan keluarga untuk menggunakannya hak pilihnya, dari tingkat pemilihan gubernur sampai kepala desa.

"Alhamdulillah, kami akan terus menggunakan hak pilih kami sebagai partisipasi kami dalam demokrasi di negeri tercinta ini," ucap SBY.

Pada kesempatan tersebut. SBY juga mengajak rakyat Indonesia untuk turut serta dalam Pilkada Serentak 2018. Dengan ikut dalam pemilu tahun ini, pemimpin yang terpilih mendapatkan mandat kepercayaan dari masyarakat, tuturnya.

"Kalau pada tidak memilih, tentu nanti kalau ada apa-apa kan ya tidak boleh lantas menyalahkan sana menyalahkan sini karena tidak menggunakan hak pilihnya," ucap SBY.

Untuk hasil hitung cepat Pilkada Jabar, bisa dilihat pada laman Tirto yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga survei, pada Rabu (27/6).



Baca juga artikel terkait PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Naufal Mamduh
(tirto.id - Politik)

Reporter: Naufal Mamduh
Penulis: Naufal Mamduh
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight