Pilgub Jabar 2018: SBY Langsung Pantau Quick Count Usai Mencoblos

Oleh: Agung DH - 27 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
SBY dan para kader Partai Demokrat bakal memantau hasil hitung cepat (quick count) di Kantor DPP Partai Demokrat.
tirto.id -
Usai menyalurkan hak suara Pilkada Serentak 2018 di Tempat Pemungutan Suara (TPS), para kader Partai Demokrat merapatkan barisan di Kantor DPP Partai Demokrat di daerah Tugu Proklamasi, Jakarta.

Tak terkecuali Katua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. SBY datang sekitar pukul 14.00 WIB. SBY datang didampingi oleh Ani Yudhoyono dan putra bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Keluarga SBY mendatangi DPP Partai Demokrat usai mencoblos di TPS 06 Nagrak Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

"Semua kader yang punya hak pilih ke TPS, sekarang berbalik ke DPP, sebentar lagi akan ramai di sini," ujar Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan di DPP Partai Demokrat Jakarta pada Rabu (27/6/2018).

Partai Demokrat akan mengadakan proses hitung cepat atau quick count atas Pilkada Serentak 2018 ini. Hinca mengatakan bahwa Partai Demokrat menyiapkan ruang monitoring Pilkada yang di adakan serentak di 171 daerah.

Data pemilihan dikatakannya sudah mulai masuk melalui laporan para kader yang tersebar di daerah-daerah. "Selebihnya semuanya sekarang standby untuk melaporkan dan bahkan sebagain sudah masuk dari timur," ujarnya.

Ia memperkirakan pada pukul 17.00 WIB data hasil pemilihan sudah masuk dilaporkan ke DPP. Untuk sementara, ia optimis dapat berhasil dalam Pilkada Serentak ini.

"Dari laporan sementara mudah-mudahan apa yang sudah kami siapkan hasilnya baik dan membuat kami gembira," ucapnya.

Hasil perhitungan suara di TPS tempat SBY memilih pasangan calon Deddy-Dedi yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Golkar itu menang dengan memperoleh 119 suara dari 247 surat suara sah. Sementara surat suara rusak atau tidak sah sebanyak 6 enam surat suara.

Di urutan kedua, yakni pasangan calon nomor urut tiga yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan perolehan 86 suara.

Di urutan ketiga, pasangan calon nomor urut satu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan perolehan 32 suara.

Sementara di urutan keempat, pasangan calon nomor urut dua TB Hasanuddin-Anton Charlian dengan perolehan 10 suara.


Hasil Hitung Cepat (Quick Count) Menurut SMRC dan LSI

Tirto.id bekerjasama dengan lembaga survei SMRC dan LSI menampilkan hasil hitung cepat atau quick count untuk Pilgub Jabar 2018. Sampai dengan Rabu (27/6/2018) pukul 15.00 WIB, pasangan Ridwan-Uu unggul.






Baca juga artikel terkait PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Politik)

Reporter: Shintaloka Pradita Sicca
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight