Piala Dunia 2018: Pelatih Timnas Belgia Puji Gareth Southgate

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juni 2018
Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez menyebut Southgate "pemikir" yang memiliki visi jernih.
tirto.id - Jelang bergulirnya persaingan di Grup G Piala Dunia 2018, Belgia memasang kewaspadaan tinggi terhadap lawan terberat mereka, Timnas Inggris. Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez bahkan menyebut nahkoda The Three Lions, Gareth Southgate bukan orang sembarangan.

Martinez menilai Southgate duduk di kursi kepelatihan Inggris membawa modal penting. Salah satu modal yang disebut-sebut menguntungkan Inggris adalah pengetahuan sang pelatih tentang sejumlah pemain muda di Britania Raya.

"Gareth adalah pemikir. Dia memiliki visi yang jernih dan memiliki pemain-pemain yang benar-benar ia ketahui pada masanya melatih Timnas U-21 [Inggris]. Dia menciptakan tim yang terlihat akan menikmati Piala Dunia," tutur sang pelatih dalam wawancaranya dengan SkySports.


Banyak pihak meragukan kiprah Timnas Inggris usai performa mengecewakan The Three Lions pada dua ajang besar sebelumnya, Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016. Southgate mengatakan tak sepakat dengan anggapan tersebut. Menurutnya, dua kegagalan itu tak bisa dijadikan acuan karena Inggris datang ke Rusia dengan persiapan jauh lebih baik.

Penilaian Martinez terhadap Southgate juga tak disampaikan berdasarkan spekulasi belaka. Pasalnya, Martinez mengenal betul sosok Southgate.

"Kami bekerja bersama di ITV pada Piala Eropa di Polandia-Ukraina dan kami berhubungan baik serta memiliki pandangan yang sama," sambung Martinez.

Timnas Belgia sendiri baru akan bertanding melawan Inggris pada laga penutup fase grup, Jumat (29/6/2018) di Kaliningrad Stadium. Sebelum saling berhadapan, keduanya bakal sama-sama menjajal kemampuan dua tim kuda hitam di Grup G, yakni Panama dan Tunisia.

Head to Head Inggris vs Belgia



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live