Peyebab Rambut Kering Bercabang dan Cara Mengatasinya

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 4 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penyebab dan mengatasi rambut kering bisa melakukan beberapa cara berikut ini.
tirto.id - Rambut sehat merupakan impian semua orang karena dapat menambah kepercayaan diri. Namun, tak sedikit yang memiliki masalah dengan rambut seperti kering dan bercabang. Apakah anda juga mengalaminya?

Rambut kering bisa disebabkan karena kurangnya kelembapan rambut. Ada dua faktor penyebabnya. Pertama, kulit kepala tidak mampu memproduksi minyak yang cukup. Biasanya, menurunnya produksi minyak ini disebabkan karena faktor usia.

Kedua, lapisan pelindung rambut (kutikula) sudah rusak. Hal ini disebabkan karena sering mencatok atau mengeringkan rambut dengan suhu tinggi (lebih dari 200c), mengeriting, meluruskan atau memakai cat rambut. Jika rambut rusak, kutikula akan mengelupas dan mengakibatkan terganggunya kemampuan untuk menahan kelembapan rambut.

Jika anda ingin mendapatkan kembali rambut sehat, berikut cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut seperti dilansir dari laman Matrix:

1. Keramas Dua Hari Sekali

Banyak orang melakukan keramas setiap hari untuk mendapat rambut yang indah. Padahal, keramas setiap hari akan membuat kelembapan rambut berkurang. Kebiasaan keramas setiap hari justru membuat kelembapan kulit berkurang. Untuk itu, cara yang baik adalah dengan melakukan keramas dua kali sehari.

2. Pilih Masker Rambut yang Tepat

Memberikan masker rambut yang tepat menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering. Rambut kering membutuhkan kelembapan ekstra untuk mencegah kerapuhan dan menjadikannya mudah diatur.


3. Potong Ujung Rambut

Rambut bercabang atau pecah menjadi ciri rambut kering. Jika rambut Anda demikian, maka cara terbaiknya adalah dengan memotong ujung rambut yang pecah agar tidak semakin banyak. Lakukan ini dua atau tiga bulan sekali dengan gunting khusus untuk memotong rambut. Rutin memotong rambut akan membuat rambut Anda sehat.

4. Pilih Produk yang Tepat

Pilihlah sampo, kondisioner, gel atau produk perawatan rambut lainnya yang mengandung pH rendah, minyak dan nutrisi. Seperti minyak kelapa, zaitun, avokad, minyak argan atau lidah buaya.

Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan rambut.

  • Kurangi intensitas penggunaan alat penata rambut seperti pengering, pengeriting serta pelurus rambut, usahakan pada saat menggunakan alat tersebut suhu panasnya tidak melebihi 200 oC.
  • Gunakan air biasa untuk keramas dan tidak menggunakan air panas. Karena air dingin dapat memberi dampak lebih baik untuk rambut.
  • Hindari kontak langsung antara rambut dengan sinar matahari, udara dingin atau berangin. Anda dapat memberi perlindungan dengan menggunakan topi atau payung.
  • Hindari terlalu sering berinteraksi dengan air laut karena kandungan garam pada air dapat memperparah kondisi rambut.
  • Gunakan produk perawatan rambut yang tidak memiliki wangi atau tidak berbau.
  • Lakukan creambath buah paling tidak sebulan sekali agar rambut sehat untuk menjaga kelembapan rambut.


Baca juga artikel terkait PERAWATAN RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight