Kutu Rambut dan Cara Menghilangkannya Dengan Obat Alami

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 21 Okt 2019 16:39 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Banyak orang percaya bahwa pengobatan rumahan dapat membunuh kutu, telur, atau keduanya. Beberapa pengobatan kutu yang efektif menghilangkan kutu seperti minyak kelapa.
tirto.id - Kutu rambut tidak hanya membuat gatal kulit kepala, tapi juga dapat membuat rambut terlihat tidak sehat. Kutu adalah serangga kecil yang memakan darah manusia. Kutu dewasa berukuran 2-3 milimeter panjang dan bertelur di rambut, dekat dengan kulit.

Mereka dapat menginfeksi rambut kemaluan, bulu mata, dan alis, meskipun mereka paling sering hidup di rambut di kepala.

Ketika kutu bertelur yang menetas dengan cepat, serangan dapat berkembang dengan cepat. Membunuh kutu membutuhkan eliminasi serangga dan telurnya. Jika seseorang menggunakan perawatan yang tidak membunuh telur, mereka harus mengulanginya setelah telur menetas.


Penyebab

Melansir laman Mayo Clinic kutu kepala adalah serangga kecoklatan atau keabu-abuan seukuran biji stroberi. Ini memakan darah manusia yang diekstrak dari kulit kepala. Kutu betina menghasilkan zat lengket yang melekat pada setiap telur pada batang rambut. Telur dipasang sekitar 3/16 inci (4 milimeter) dari pangkal poros - lingkungan yang menyediakan suhu ideal untuk mengerami telur.

Siklus hidup kutu

Telur kutu menetas setelah delapan atau sembilan hari. Kutu yang muncul adalah bentuk kutu belum matang dan disebut nimfa. Nimfa menjadi kutu dewasa dewasa setelah sembilan hingga 12 hari, dan seorang dewasa hidup selama tiga hingga empat minggu.

Cara mengatasi dan menghilangkan kutu rambut

Banyak orang percaya bahwa pengobatan rumahan dapat membunuh kutu, telur, atau keduanya. Melansir laman Medical News Today berikut beberapa pengobatan rumahan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kutu.

1. Minyak adas manis


Minyak adas manis dapat melapisi dan mencekik kutu. Sebuah studi 2018 tentang obat alami untuk kutu pada anak-anak menemukan bahwa minyak adas manis adalah salah satu obat alami paling efektif.

Orang yang ingin membeli minyak adas manis dapat menemukannya di toko makanan kesehatan dan online.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun menawarkan manfaat serupa dengan minyak adas manis, berpotensi membuat kutu mati lemas dan mencegahnya kembali. Seperti minyak adas manis, minyak ini termasuk salah satu solusi paling efektif dalam studi 2018 yang sama. Orang yang menginginkan obat rumahan yang sangat efektif harus mempertimbangkan penggunaan minyak zaitun dan minyak adas manis bersama-sama.

Minyak zaitun mungkin memiliki manfaat lain untuk rambut dan kulit kepala. Minyak zaitun tersedia untuk dibeli di banyak toko grosir dan online.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah perawatan populer untuk kulit dan rambut kering.

Para peneliti di balik penelitian tahun 2010 di Brazil mengeksplorasi efek dari beberapa obat kutu alami dan membandingkan hasilnya dengan yang dijual bebas.

Dari obat yang diuji, tim menemukan bahwa minyak kelapa murni adalah satu-satunya pengobatan yang efektif. Dalam waktu 4 jam mengaplikasikan minyak, rata-rata 80 persen kutu sudah mati.

Dua shampo obat paling efektif membunuh 97,9 persen dan 90,2 persen kutu pada periode yang sama. Orang dapat membeli minyak kelapa di banyak toko makanan kesehatan dan online.


Baca juga artikel terkait KUTU RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH

DarkLight