Cara Menyimpan Beras Agar Aman dan Bebas dari Kutu & Serangga

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara menyimpan beras agar bebas dari kutu dan serangga: mulai dari menjemur di sinar matahari hingga menaruh bawang putih.
tirto.id - Menyimpan beras dalam waktu lama butuh cara khusus agar bisa terbebas serta aman dari kutu dan serangga, karena dengan penyimpanan yang tepat, beras tetap terjaga kesegarannya sampai butiran terakhir.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan saat menyimpan beras agar tidak berkutu dan aman dari serangga:

1. Simpan di freezer selama empat hari

Saat membeli beras, segera masukkan ke lemari pendingin selama empat hari. Cara ini akan membunuh semua larva atau telur serangga yang berada di karung beras. Hal ini juga berlaku untuk bahan-bahan seperti tepung, oat, kue, tepung jagung, dan rempah-rempah. Demikian seperti diwartakan India Today.

2. Menaruh daun salam atau cengkeh di beras

Memasukkan daun salam atau cengkeh ke beras adalah salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan kutu. Cengkeh juga diketahui efektif untuk melawan serangga yang ada di sekitar rak lemari dan area dapur.

3. Meletakkan kotak korek api

Kedengarannya memang aneh, tapi ini cara yang bagus untuk mengusir kutu karena buku korek api berisi belerang yang aromanya tidak disukai oleh kutu dan serangga di dapur.

4. Dijemur di bawah sinar matahari

Jika beras sudah dipenuhi oleh kutu, jemur saja di bawah sinar matahari. Ini akan mengusir kutu dan serangga, karena mereka tidak menyukai sinar matahari dan akan mencari tempat yang gelap dan lembab.


Selain cara di atas ada beberapa cara tradisional lain yang bisa dilakukan seperti dilansir LiveStrong, yakni:

  • Menyimpan beras di tempat yang kering, menghindari tempat yang lembab dan tak terkena cipratan air. Suhu penyimpanan yang disarankan adalah di bawah 17 derajat celcius sehingga membuat kutu tidak bisa berkembang biak.
  • Campurkan 50 gram daun jeruk yang sudah dihaluskan dan dikemas dalam kain kasa ke dalam 10 kg beras yang akan disimpan. Cara ini dipercaya efektif membebaskan kutu dari beras, selain itu daun jeruk juga akan memberikan aroma yang segar pada beras.
  • Bawang putih juga memiliki aroma khas yang tidak disukai kutu dan serangga. Metode ini juga ampuh mengusir kutu dan serangga saat menyimpan beras. Caranya dengan mengupas bawang putih dan meletakkannya di permukaan beras atau sudut-sudut ruangan tempat beras disimpan.
  • Aroma pedas dan panas dari cabai juga bisa mengusir kutu dan serangga di beras. Pilihlah cabai yang kering dan simpan di tempat menyimpan beras. Tetapi, pastikan juga cabai tidak ikut termasak, karena ini bisa membuat rasa beras saat dimasak menjadi pedas.


Baca juga artikel terkait CARA MENYIMPAN BERAS atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight