Bursa Transfer Pemain

Pesepakbola Top Bebas Transfer 2020: Willian, Cavani, Ibrahimovic

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim, tirto.id - 7 Agu 2020 01:59 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada sejumlah pesepakbola top yang bakal berstatus bebas klub di bursa transfer 2020.
tirto.id - Ada sejumlah nama pesepakbola top alias pemain bintang yang bakal berstatus bebas klub di bursa transfer musim panas usai musim 2019/2020. Beberapa di antaranya adalah Willian, Edinson Cavani, Thiago Silva, hingga Zlatan Ibrahimovic.

Jendela transfer musim panas telah dibuka untuk klub-klub Eropa. Akibat pandemi COVID-19, klub-klub sepak bola harus lebih berhati-hati dalam hal pembelian pemain. Kebanyakan klub pun diperkirakan harus menjual pemain lebih dulu sebelum bermanuver di bursa transfer.

Di lain sisi, pemain gratis yang habis kontrak pada musim panas ini juga merupakan opsi efisien. Para pemain yang berstatus bebas transfer dapat menjadi solusi masalah finansial akibat pandemi.

Pada bursa transfer kali ini, terdapat belasan pemain bintang yang habis kontrak dan menjadi buruan panas. Berikut ini beberapa di antaranya:

Willian

Kontrak Willian di Chelsea akan segera habis. Meskipun sudah berusia 31 tahun, pemain asal Brasil ini masih punya kualitas yang layak untuk klub-klub besar.

Musim 2019/2020 lalu, Willian masih dijadikan andalan Frank Lampard di Chelsea, ia mencetak 11 gol dan 9 assist dalam 47 pertandingan.

Arsenal dirumorkan berminat memboyong Willian dari Stamford Bridge. Pemain sekaliber Willian dapat menambah kedalaman skuad asuhan Mikel Arteta yang mengincar posisi empat besar musim depan.

Edinson Cavani

Edinson Cavani meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG) setelah kontraknya habis pada 30 Juni lalu. Bomber Timnas Uruguay ini mengakhiri tujuh musim pengabdiannya di Ligue 1 Perancis bersama PSG.

Meskipun sudah berusia 33 tahun, Cavani masih menampilkan kualitasnya di PSG musim ini. Meskipun bukan pilihan utama Thomas Tuchel, eks striker Napoli ini tampil dalam 22 laga dan mencetak 7 gol dan 3 assist.

Leeds United, yang promosi ke Premier League musim depan, dilaporkan meminati penyerang yang mencetak 50 gol untuk Timnas Uruguay tersebut. Selain itu, runner up Liga Portugal, Benfica, juga dirumorkan tertarik menggaet Cavani.


Jose Callejon

Eks pemain Real Madrid ini telah tujuh musim bermain untuk Napoli di Liga Italia. Pada usia 33 tahun, Jose Callejon masih diandalkan Partenopei dan memainkan 33 pertandingan Serie A, mencetak 4 gol, dan 7 assist musim ini.

Callejon dilaporkan hendak kembali ke La Liga Spanyol. Sevilla, Valencia, Villareal, dan Real Betis dilaporkan siap menampung jasa penyerang dengan lima caps bersama Timnas Spanyol tersebut.

Thiago Silva

PSG telah mengumumkan bahwa Thiago Silva akan meninggalkan Parc des Princes pada musim panas ini. Bek gaek asli Brasil ini akan mengakhiri 8 musim kebersamaan dengan juara Ligue 1 Perancis tersebut.

Telah berusia 35 tahun, Thiago Silva dirumorkan akan kembali Fluminense. Eks pemain AC Milan ini sempat membela klub yang berbasis di Rio de Janeiro itu pada kurun 2006-2008.

Zlatan Ibrahimovic

Kontrak Zlatan Ibrahimovic di AC Milan akan habis pada musim panas ini. Rossoneri dikabarkan berniat memperpanjang kontrak penyerang kawakan eks kapten Swedia itu.

Kendati sudah berumur 38 tahun, Ibrahimovic membuktikan belum habis. Digaet dari LA Galaxy pada Januari 2020, eks penyerang Juventus, Inter, Barcelona, MU, dan PSG ini bermain dalam 20 laga, mencetak 11 gol dan 5 assist di Serie A 2019/2020.

David Silva

Gelandang berkebangsaan Spanyol ini akan meninggalkan Manchester City setelah 10 musim membela The Citizens. David Silva yang dikenal sebagai playmaker kreatif dirumorkan dengan kepulangannya ke La Liga.

Selain itu, mantan pemain Valencia ini juga diisukan hendak pindah ke klub Qatar, Al-Sadd, yang dilatih oleh rekan senegaranya, Xavi Hernandez.

Pada 2019/2020, David Silva masih menunjukkan kreativitas di lini tengah Manchester City. Ia mencetak 6 gol dan 10 assist dalam 27 pertandingan Premier League.


Mario Gotze

Mario Gotze resmi meninggalkan Borussia Dortmund musim panas ini. Pencetak gol kemenangan Jerman di final Piala Dunia 2014 tahun ini dilepas Die Borussian kendati baru berumur 28 tahun, usia puncak bagi rata-rata pesepakbola.

Gotze pun lebih banyak duduk di bangku cadangan Dortmund musim ini. Di bawah asuhan Lucien Favre, peraih lima titel Bundesliga tersebut hanya bermain dalam 21 pertandingan, mencetak tiga gol dan satu assist.

Selain tujuh pemain di atas, terdapat sejumlah pemain top Eropa yang juga berstatus bebas transfer.

Di antaranya adalah Lucas Biglia, Giacomo Bonaventura, Ryan Fraser, Hatem Ben Arfa, Pedro, Eric Maxim Choupo-Moting, Fabio Borini, dan Mario Mandzukic.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight