Pesawat yang Berisi Polisi Ditembak Orang Tak Dikenal di Papua

Oleh: Felix Nathaniel - 25 Juni 2018
Pesawat ditembak sebanyak 10 kali setelah mendarat di Bandara Kenyam, Papua.
tirto.id - Pesawat Twin Otter Trigana Air yang terbang dari Wamena menuju Bandara Kenyam, Nduga, Papua, ditembak oleh orang tak dikenal pada Senin (25/6/2018). Hingga saat ini, jumlah pelaku dan identitasnya masih dalam penyelidikan dan pengejaran TNI-Polri.

Kejadian ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Papua, Ahmad Mustofa Kamal kepada Tirto, Senin (25/6/2018). Menurut Kamal, identitas dan jumlah penembaknya hingga kini belum diketahui.

"Kejadian ini berawal sekitar pukul 09.40 WIT, pesawat Twin Otter Trigana Air PK-YRU mendarat di Bandara Kenyam, pesawat landing mulus. Pukul 09.45 WIT, pada saat pesawat hendak menuju Taxi Out untuk parkir, tiba-tiba ditembak oleh KKB sebanyak 10 kali dari arah kiri pesawat," jelas Kamal.

Pesawat tersebut memuat sekitar 17 orang yang terdiri dari pilot, co-pilot, dan 15 anggota polisi yang ditugaskan untuk pengamanan Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018. Satu orang menjadi korban akibat peristiwa tersebut.


"Akibat kejadian tersebut Captain Pilot atas nama Ahmad Abdillah Kamil mengalami luka tembak di bagian punggung belakang sebelah kanan. Saat ini korban masih dilakukan tindakan medis di Puskesmas Kenyam, Kabupaten Nduga," tegas Kamal.

Polisi masih mengejar pelaku, sedangkan korban sudah berhasil diamankan. Sampai pukul 12.30 WIT, baku tembak di lokasi masih terjadi. Dalam hal ini, Polri juga dibantu oleh TNI

"Langkah-langkah kepolisian yang dilakukan, menerima laporan, mendatangi TKP, mengamankan TKP dan olah TKP mengevakuasi korban ke Puskesmas Kenyam, melakukan koordinasi dengan TNI," pungkas Kamal.


Baca juga artikel terkait PILKADA SERENTAK 2018 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight