Menuju konten utama

Pertamina Perluas Uji Coba Penggunaan QR Code Beli BBM Subsidi

PT Pertamina kembali memperluas uji coba transaksi BBM bersubsidi menggunakan QR Code subsidi tepat di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, dan Papua. 

Pertamina Perluas Uji Coba Penggunaan QR Code Beli BBM Subsidi
Pengendara menunjukkan aplikasi MyPertamina saat mengisi bahan bakar pertalite di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.

tirto.id - PT Pertamina (Persero) kembali memperluas uji coba transaksi BBM bersubsidi menggunakan QR Codesubsidi tepat di Kota/Kabupaten di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, dan Papua. Uji coba sudah berlaku efektif pada Kamis (9/3/2023) kemarin.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menuturkan perluasan wilayah uji coba dilakukan secara bertahap sejak Desember 2022. Untuk awal Maret ini, uji coba penggunaan QR Code untuk transaksi Solar Subsidi diperluas di 141 Kota/Kabupaten. Sedangkan untuk uji coba penggunaan QR Codetransaksi Pertalite diperluas di 19 Kota/Kabupaten.

"Bagi yang belum memilikiQR Code juga tetap akan dilayani, dan akan diarahkan untuk mendaftar di website Subsidi Tepat,” kata Irto di Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar. Melalui pendataan, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan. Sehingga BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang memang berhak.

“Saat ini Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai tata cara pendaftaran, serta menguji coba kesiapan verifikasi QR Code. Kami juga terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi,” tambahnya.

Pendaftaran Subsidi Tepat dibuka untuk kendaraan roda empat. Pertamina juga telah menjalin kerjasama dengan Korlantas Polri terkait sinkronisasi data kendaraan untuk program Subsidi Tepat.

Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan kendaraan ke website Subsidi Tepat KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung. Untuk mendaftarkan kendaraan di program Subsidi Tepat, masyarakat dapat mengakses halaman https://subsiditepat.mypertamina.id/.

“Jika masyarakat membutuhkan informasi maupun memiliki kendala, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135,” ujar Irto.

Baca juga artikel terkait SUBSIDI TEPAT SASARAN atau tulisan lainnya dari Dwi Aditya Putra

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin