Perlengkapan yang Dibutuhkan pada Pertandingan Pencak Silat

Kontributor: Risa Fajar Kusuma - 14 Mei 2022 07:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Perelengkapan yang baik dibutuhkan dalam pertandingan pencak silat untuk keamanan dan keselamatan para atlet yang bertanding.
tirto.id - Seni bela diri pencak silat sering dipertandingkan dalam berbagai pagelaran olahraga. Sebagai alasan keamanan dan keselamatan para atlet, dibutuhkan perlengkapan yang sesuai untuk melakukan pertandingan pencak silat.

Dikutip dari modul Lestarikan Pencak Silat (Seni Bela Diri) oleh Kemendikbud (2017:8), silat berasal dari budaya Suku Melayu, yaitu penduduk pesisir Sumatra dan semenanjung Malaka. Secara histroris, kaum ulama berperan dalam penyebaran silat di Nusantara, seiring dengan penyebaran Islam pada abad ke-14.

Catatan historis ini dinilai otentik dalam sejarah perkembangan pencak silat yang pengaruhnya masih dapat kita lihat hingga saat ini. Kala itu pencak silat telah diajarkan bersama sama dengan pelajaran agama di surau-surau.

Silat lalu berkembang dari sekedar ilmu beladiri dan seni tari rakyat, menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah. Disamping itu juga pencak silat menjadi bagian dari latihan spiritual.


Perlengkapan yang Dibutuhkan pada Pertandingan Pencak Silat


Perlengkapan pencak silat meliputi perlengkapan arena atau gelanggang pertandingan dan pakaian serta pelindung yang dikenakan oleh atlet. Menurut Sudrajat Wiradiharja dan Syarifudin dalam modul Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (2017:111) berikut merupakan perlengkapan yang dibutuhkan pada pertandingan Pencak Silat:

1. Perlengkapan arena atau gelanggang pertandingan

  • Gelanggang dapat di lantai dan dilapisi matras tebal 5 (lima) cm, ukuran 10 m x 10 m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran diameter 8 m, lingkaran tengah diameter 3 m.
  • Meja dan kursi pertandingan.
  • Meja dan kursi wasit dan juri.
  • Formulir pertandingan dan alat tulis menulis.
  • Jam pertandingan, gong, dan bel.
  • Lampu babak.
  • Lampu isyarat berwarna merah, biru, dan kuning.
  • Bendera kecil berwarna merah dan biru.
  • Timbangan.
  • Lain-lain sesuai perlengkapan yang dibutuhkan.


2. Perlengkapan pakaian dan pelindung atlet

  • Pakaian pencak silat warna hitam, sabuk putih, dan disertai dengan badge Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di sebelah kiri.
  • Pelindung badan (bodyprotector) warna hitam sesuai standar IPSI.
  • Pesilat putra menggunakan pelindung kemaluan (genetile protector).
  • Gum shield.
  • Pelindung sendi.


Teknik Dasar Pencak Silat


Pencak silat memiliki banyak teknik dasar. Secara umum, teknik dasar pencak silat terdiri dari pembentukan sikap, pembentukan gerak, pembelaan, dan serangan. Berikut beberapa contoh teknik dasar dalam pencak silat:

1.Kuda-kuda

Teknik yang paling mendasar harus dipelajari dalam pencak silat adalah kuda-kuda. Teknik tersebut merupakan keadaan menumpukan badan pada kekuatan kaki.

Dikutip dari modul Lestarikan Pencak Silat (Seni Bela Diri) oleh Haryadi Iswanto (2018:15-16), teknik dasar pencak silat kuda-kuda memiliki beberapa jenis, seperti kuda-kuda belakang, kuda-kuda depan, kuda-kuda samping, dan kuda-kuda tengah.

2. Sikap Pasang

Sikap pasang merupakan teknik bersikap dalam pencak silat. Teknik dasar sikap pasang dalam pencak silat dibagi menjadi beberapa jenis seperti pasang satu, pasang dua, pasang tiga, dan pasang empat.

3. Pola Langkah


Pola langkah merupakan gerakan melangkah yang dilakukan dalam gerakan silat. Beberapa jenis teknik dasar dari pola langkah seperti pola langkah lurus, pola langkah zig-zag, pola langkah huruf S, pola langkah huruf U, dan pola langkah segi tiga.

4. Arah Dalam

Pencak silat harus memahami seluruh arah gerak yang terdiri dari arah belakang, serong kiri belakang, samping kiri, serong kiri depan, depan, serong kanan depan, samping kanan, dan serong kanan belakang.

5. Cara Melangkah


Cara melangkah merupakan teknik dalam memindahakn injakan kaki. Menurut Haryadi Iswanto dalam modul PJOK: Olahraga Beladiri Pencak Silat (2020:13), teknik dasar cara melangkah terdiri dari cara mengangkat kaki rendah atau tinggi, cara menggeser kaki, cara melakukan langkah putaran, cara melompat dengan kaki, dan cara melakukan ingsutan.

6. Tangkis


Tangkis adalah gerakan menghindar dengan kekuatan tubuh, supaya serangan lawan tidak mengenai bagian vital atau bagian yang dapat menyebabkan kekalahan. Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan oleh Roji dan Eva Yulianti (2017:174-178), beberapa contoh gerakan tangkis seperti tangkisan luar dengan satu tangan, tangkisan tutup samping dengan kaki, dan tangkisan tutup depan dengan kaki.



Baca juga artikel terkait OLAHRAGA PENCAK SILAT atau tulisan menarik lainnya Risa Fajar Kusuma
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Risa Fajar Kusuma
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Yonada Nancy

DarkLight