Jadwal Timnas Indonesia 2022

Peringkat FIFA Curacao & Jadwal Timnas Indonesia FIFA Matchday 2022

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 21 Jul 2022 13:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Peringkat FIFA Curacao, Hong Kong, dan India. Cek daftar calon lawan Timnas Indonesia di jadwal FIFA Matchday September 2022.
tirto.id - Curacao termasuk dalam daftar calon lawan Timnas Indonesia senior dalam jadwal FIFA Matchday September 2022.

Selain negara asal konfederasi CONCACAF dengan peringkat FIFA 84 tersebut, Timnas Indonesia juga berpeluang melawan India (ranking 104 FIFA), atau Hong Kong (ranking 143 dunia).

"PSSI terus melakukan komunikasi dengan tiga negara itu. Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin. Padahal, salah satu syarat untuk masuk Indonesia harus sudah vaksin," papar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dikutip laman PSSI pada Rabu (20/7/2022).

Berbeda dengan India dan Hong Kong yang sama-sama berasal dari konfederasi Asia (AFC), Curacao tidak akrab di telinga penggemar sepak bola tanah air. Bukan cuma karena negara ini ada di konfederasi CONCACAF, yaitu konfederasi untuk negara Amerika Utara, Tengah, dan Karibia. Tetapi juga karena Curacao tidak cukup menonjol dalam sepak bola dunia.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, entah ketika masih bernama Territory of Curacao (1921-1958), Neterlands Antilles (1958-2010), hingga kini bernama Curacao, negara ini belum pernah lolos ke putaran final.

Sejak bernama Curacao, tim berjuruk La Familia Azul ini sudah melakukan 3 percobaan ke Piala Dunia, yaitu Brazil 2014, Rusia 2018, dan Qatar 2022. Namun, upaya mereka selalu berakhir di babak kualifikasi saja.

Dalam ambisi menuju Piala Dunia 2022, Curacao sebenarnya bisa lolos dari ronde pertama. Namun, ketika jumpa Panama di ronde kedua, La Familia Azul kandas dengan agregat 2-1. Usai kalah 2-1 di Panama City, Curacao hanya bisa memaksa Panama imbang tanpa gol di Stadion Ergilio Hato, Willemstad.

Sementara itu, di kejuaraan regional Piala Emas CONCACAF, Curacao berhasil masuk ke putaran final 2 kali beruntun pada 2017 dan 2019. Namun, prestasi terbaik mereka hanyalah di 8 besar Piala Emas 2019. Ketika itu, La Familia Azul ditumbangkan Amerika Serikat 1-0.

Peringkat FIFA Curacao


Dengan keterbatasan kualitas Curacao, mereka cenderung hanya bertarung dalam international friendly match atau kompetisi regional, mulai dari Piala Emas CONCACAF hingga CONCACAF Nations League.

Sepanjang 2022 ini, Curacao tercatat sudah bermain 4 kali, yaitu menghadapi Ajax dalam laga persahabatan nonresmi (kalah 1-5), lalu menghadapi lawan di CONCACAF Nations League, yaitu Honduras (kalah 0-1, dan menang 1-2), juga Kanada (kalah 4-0).

Saat ini, Curacao menduduki peringkat 84 FIFA per Juni 2022. Catatan terburuk mereka terjadi pada Desember 2003, ketika ada di posisi 188. Sementara itu, prestasi terbaik ada pada Juli 2017 ketika mampu menembus peringkat 68 FIFA.

Daftar Pemain Curacao


Curacao memiliki banyak pemain yang berlaga di berbagai liga penjuru dunia, mulai dari liga-liga Eropa, Asia, hingga benua Amerika. Dalam skuad yang diangkut ke laga termutakhir CONCACAF Nations League 2022/2023 pada Juni 2022 lalu, La Familia Azul masih menggunakan muka-muka lama.

Sebagai kapten, ada bek Cuco Martina yang berusia 32 tahun. Sosok penggawa Go Ahead Eagles (Liga Belanda) ini sudah tampil 51 kali untuk negaranya. Berkutnya, tidak kalah uzur, ada Eloy Room, kiper berumur 33 tahun yang tampil untuk Columbus Crew (Liga Amerika Serikat) di level klub.

Nama-nama lain tampil untuk klub Eropa, misalnya penyerang Rangelo Janga (Apollon Limassol), gelandang Leandro Bacuna (Cardiff City), hingga Juninho Bacuna (Birmingham City).

Peringkat FIFA India


Calon lawan Timnas Indonesia lainnya adalah sesama tim asal Asia, India. Berdasarkan ranking FIFA edisi Juni 2022, tim berjuluk The Blue Tigers itu menempati posisi 104, atau naik 2 tingkat dibandingkan edisi sebelumnya.

Saat ini, India dilatih oleh Igor Stimac, mantan pemain internasional Kroasia. Pertandingan terakhir India terjadi di Kualifikasi Piala Asia 2023. Berstatus sebagai tuan rumah di Kolkata, The Blue Tigers menang 3 kali atas lawan-lawan seperti Kamboja (2-0), Afghanistan (2-1), dan Hong Kong (4-0).

Dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Asia tersebut, India mengandalkan semua pemain yang berlaga di kompetisi lokal. Ini termasuk penyerang veteran mereka, Sunl Chhetri (37 tahun) yang punya 129 caps internasional dan 84 gol.

Peringkat FIFA Hong Kong


Salah satu dari tiga calon lawan Timnas Indonesia adalah Hong Kong. Tim asal Asia Timur ini menempati peringkat 145 FIFA edisi Juni 2022. Level Hong Kong dapat dikatakan masih tertinggal dibandingkan tim-tim asal kawasan mereka seperti Jepang dan Korea Selatan.

Saat ini, Hong Kong berpartisipasi di Piala EAFF atau Piala Asia Timur 2022. Mereka mengandalkan kebanyakan pemain lokal, meski juga memakai Vas Nunez (Meizhou Hakka, China) hingga Tan Chun Lok (Guangzhou City, China).

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight