Peringati Hari Guru 2018, Jokowi: Guru adalah Pembangkit Inspirasi

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 25 November 2018
Jokowi mengatakan guru adalah sosok yang selalu membangkitkan inspirasi dan penuh pengabdian.
tirto.id - Presiden Joko Widodo pada Minggu (25/11/2018) mengucapkan selamat Hari Guru kepada seluruh guru yang bertugas di pelosok Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

"Hari ini adalah Hari Guru. Saya ingin mengucapkan selamat Hari Guru kepada seluruh guru dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Jokowi setelah acara penyerahan SK Perhutanan Sosial di Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, Minggu (25/11/2018) sore.

Ia mengatakan, guru adalah sosok yang selalu membangkitkan inspirasi dan penuh pengabdian. Tugasnya mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak-anak didik layak mendapatkan penghormatan dan penghargaan yang besar.

"Guru adalah pembangkit inspirasi, memberikan ilmu kepada kita, membimbing anak-anak kita, membimbing kita semua agar kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya yang ada," katanya.

Presiden tidak mengelak betapa besar peran guru sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Tanah Air.

"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat Hari Guru," kata Kepala Negara.

Hari Guru Nasional diperingati pada Minggu, 25 November 2018. Hari Guru Nasional ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Peringatan hari guru pada setiap tahun ini juga bertepatan dengan tanggal pendirian organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Organisasi tersebut resmi berdiri pada 25 November 1945 dalam kongres guru Indonesia di Surakarta.


Baca juga artikel terkait HARI GURU 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight