Perbandingan Advan G2 dan Xiaomi Redmi 5 Plus, Unggul Mana?

Oleh: Ibnu Azis - 19 Maret 2018
Dibaca Normal 3 menit
Perbedaan Advan G2 dan Xiaomi Redmi 5 Plus selain dari segi harga, terletak pada desain, dapur pacu, kamera, dan baterai.
tirto.id - Dilepas di harga Rp2 jutaan, Advan G2 dan Xiaomi Redmi 5 Plus hadir untuk mengakomodir kebutuhan pengguna yang menginginkan smartphone terjangkau dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Apabila dua perangkat ini dibandingkan, mana yang lebih unggul?

Advan G2 hadir dengan layar 5,5 inci FHD yang dipersenjatai kamera 13/16MP ditopang dapur pacu prosesor quad-core 1,3GHz yang dipadukan dengan RAM 3GB. Di komponen catu daya, Advan membekali G2 baterai berkapasitas 3.500mAh.

Sementara Redmi 5 Plus, layar perangkat ini sudah kekinian berasio 18:9 berdiagonal 5,99 inci FHD. Kamera berkemampuan lensa 13/5MP dual LED flash dengan dapur pacu octa-core 1,8GHz yang dipadukan RAM 3GB ditopang baterai berkapasitas 4.000mAh.

Dari spesifikasi singkat dua smartphone 4G dual SIM tersebut, sedianya sudah dapat “diraba” mana yang lebih unggul diantara keduanya. Kendati demikian, untuk lebih meyakinkan argumen akan ditelisik lebih dalam satu demi satu di komponen terpilih.


Perbandingan Advan G2 dan Xiaomi Redmi 5 Plus


Khusus untuk Redmi 5 Plus, perangkat ini hadir dalam dua model, yakni varian 3/32GB di harga Rp2,1 juta dan 4/64GB di harga Rp2,6 juta. Sementara Advan G2 yang dijual Rp2,4 juta untuk memori 3/32GB, maka smartphone Xiaomi yang akan dijadikan pembanding dalam komparasi ini adalah varian 3/32GB.

1. Desain

Advan mengemas G2 dengan bodi tipis serta stylish yang memiliki sisi melengkung di keempat sudutnya. Gaya desain ini mengingatkan pada perangkat iPhone milik Apple akibat tersemat tombol home membulat di bagian dagu yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Smartphone unibodi ini memiliki ketebalan hanya 7,6 mm dan terasa nyaman di tangan saat digenggam. Keempat sudutnya yang melengkung dengan tombol melingkar di bagian dagu menambah kesan mewah dan elegan menyerupai smartphone premium kelas atas. G2 juga dibekali Advan fitur splash resistant yang membuat perangkat ini tahan cipratan air.


Meski bodi Redmi 5 Plus sedikit lebih tebal yakni 8,05 mm, smartphone Xiaomi ini mengusung desain kekinian yang tren sejak tahun lalu. Hadir dengan layar besar 5,99 inci (15,2 cm) namun dikemas pada bodi yang lebih kecil dibandingkan tipikal smartphone dengan tampilan 5,5 inci

Tak kalah mewah dan stylish dengan Advan G2, Redmi 5 Plus juga memiliki sisi melengkung pada keempat sudutnya. Di bagian depan tak tersemat satu tombol pun sementara sensor sidik jari terletak di bagian punggung di bawah kamera.

Karena mengusung rasio layar kekinian, perangkat ini terlihat memanjang tapi tetap ringan dengan bobot 180 gram. Redmi 5 Plus memiliki tampilan depan elegan sebab layarnya terlihat tampak penuh dengan bingkai tipis di bagian kanan dan kiri meski sisi atas dan dagu terlihat agak sedikit tebal.

2. Layar

Advan G2 hadir dengan layar 5,5 inci FHD resolusi 1920 x 1080 piksel bertipe LTPS. Teknologi layar tipe ini memungkinkan tampilan gambar lebih baik dan efisien yang memanjakan pengguna saat menikmati multimedia di ponsel berlayar besar.

Sementara Redmi 5 Plus menghadirkan sisi kekinian yang sedang tren melanda desain layar smartphone global. Suguhkan layar penuh "FullView" 5,99 inci FHD bertipe IPS LCD beraspek rasio 18:9 yang berbingkai tipis, smartphone ini memiliki panel kaca 2.5D bertepi bulat nan mulus yang dilapisi Corning Gorilla Glass.


Pengguna yang menginginkan smartphone trendi masa kini dan mengikuti tren global tentunya akan condong ke perangkat Xiaomi. Namun, bagi mereka yang tak memikirkan soal kekinian layar, perangkat Advan bisa jadi pilihan sebab memiliki kualitas yang tak jauh berbeda.

3. Dapur Pacu

Advan membekali G2 dengan prosesor quad-core speed dikunci 1,3 GHz dan unit pemroses grafis MTK6750T yang dipadukan dengan OS IDOS 7.2 berbasis Android Nougat 7.0 serta RAM 3GB dan memori 32GB. Apabila kapasitas ini dirasa kurang, pengguna bisa memanfaatkan slot microSD yang bisa diisi hingga 128GB.

Xiaomi mengadopsi prosesor milik Qualcomm yakni Snapdragron 625 speed dikunci 1,8GHz dengan GPU Adreno 506 yang dipadukan MIUI 9 berbasis Android Nougat 7.1 dan RAM 3GB serta memori 32GB. Apabila dirasa kurang, kapasitas memori bisa diperluas menggunakan slot microSD hingga 128GB yang sayangnya memakan jatah slot SIM 2.

Memiliki speed yang sedikit lebih cepat, Redmi 5 Plus bisa diandalkan untuk main game dengan akselerasi gaming sistem level dan pengalaman gaming luar biasa serta memiliki konsumsi baterai yang minim.

4. Kamera

Advan mengerti kebutuhan para penggemar swafoto. Oleh sebab itu, kamera depan G2 dibekali lensa 16MP yang mengakomodir keinginan tersebut dan mampu mengabadikan objek serta background di sekeliling dengan tajam tanpa kehilangan detail.

Kamera ini juga mampu menangkap detail sempurna meski dalam keadaan cahaya redup. Selain itu, Advan G2 dibekali fitur Beauty Selfie 5.0 yang hadir dengan sentuhan virtual makeup untuk membuat wajah lebih cantik alami. Sementara untuk kamera belakang, smartphone ini dibelaki kamera utama 16MP.


Redmi 5 Plus membawa kamera utama 12MP dengan lensa 5-elemen bukaan lensa f/2.2 yang mempu menghasilkan foto memukai di saat malam. Teknologi ini ditunjang fitur dual LED flash, PDAF, mode foto beruntun, dan pengenalan wajah atau face recognition.

Sementara pada kamera depan, Redmi 5 Plus mengusung lensa 5MP dengan LED selfie-light yang mampu menghasilkan foto jelas di kondisi low light. Hadirnya teknologi Smart Beautify 3.0 memanjakan penggemar swafoto untuk mengambil foto memukau dengan fitur otomatis yang membuat wajah lebih cerah.

Kedua smartphone mengklaim sama-sama mengakomodir keinginan pengguna akan smartphone selfie dengan teknologi kamera mumpuni. Advan G2 dan Xiaomi Redmi 5 Plus hadirkan fitur-fitur yang menjawab kebutuhan itu dengan keunggulan dan kelebihan masing-masing.

5. Baterai

Baterai berkapasitas besar memungkinkan pengguna untuk tak berkali-kali mengisi ponsel saat kehabisan tenaga. Advan G2 pada sektor catu daya dibekali baterai 3.500mAh yang dapat menemani pengguna untuk aktivitas sehari penuh.

Prosesor Qualcomm 14nm di Redmi 5 Plus memiliki konsumsi daya rendah yang ditopang fitur optimasi hemat daya MIUI 9. Sehingga, baterai berkapasitas 4.000mAh di perangkat ini memungkinkan perangkat untuk standby 17 hari, 165 jam memutar lagu, 15 jam memutar video, dan sembilan jam untuk bermain game.


Dengan perbandingan di atas Redmi 5 Plus lebih unggul sebab memiliki kapasitas baterai lebih besar. Namun perlu diperhatikan bahwa daya tahan baterai tergantung dari ekosistem pemakaian pengguna. Sehingga smartphone berkapasitas besar bisa saja memiliki konsumsi daya tinggi bila pemakainya sangat aktif menggunakan ponselnya dalam aktivitas keseharian.

Kesimpulan


Berbekal sejumlah keunggulan di atas, tidak salah bila Advan G2 disebut ancaman besar bagi smartphone kompetitor di kelasnya. Namun, Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan sejumlah kelebihan dan spesifikasi, seperti sektor kamera, baterai, yang didukung hardware serta fitur-fitur menarik yang mengakomodir pengguna.

Advan G2 ditawarkan ke pengguna di harga Rp2,499 sementara Xiaomi menjual perangkat Redmi 5 Plus di harga Rp2,199 juta. Bagi pengguna yang menginginkan smartphone berdesain trendi dengan fitur kamera terkini, Advan G2 bisa dijadikan pilihan.

Namun, bila menginginkan dua fitur itu plus layar kekinian dan kapasitas baterai lebih besar, Redmi 5 Plus bisa diandalkan terlebih perangkat ini memiliki harga lebih terjangkau.


Baca juga artikel terkait ADVAN G2 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis