Penumpang KA Jarak Jauh Membeludak jelang Libur Waisak

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 13 Mei 2022 14:48 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sekitar 13.000 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir atau 76 persen dari total tempat duduk yang tersedia.
tirto.id - Jelang libur besar nasional yaitu Waisak pada 16 Mei 2022, volume keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari area Daop 1 Jakarta kembali mengalami peningkatan hampir dua kali lipat jika dibandingkan kemarin, Kamis 12 Mei 2022.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan, pada hari ini, Jumat (13/5/2022) secara total terdapat 31.200 penumpang KAJJ yang berangkat.

Dari jumlah tersebut sekitar 13.000 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir atau 76 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 35 KA yang beroperasi.

Sementara itu, 15.500 pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau 72 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 29 KA yang beroperasi.

Lainnya merupakan pengguna yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, Kebumen, Semarang, Tegal, Malang, Cirebon, dan Bandung," kata Eva dalam keterangan resmi.

Ia mengingatkan penumpang KAJJ yang akan berangkat agar memperhatikan kembali persayaratan perjalanan KA untuk menghindari risiko batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan.

Yaitu penumpang wajib vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Kemudian penumpang vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.

"Jika penumpang baru vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam. Jika belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam," tutur Eva.

Adapun bagi pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid tes Antigen.

Kemudian pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Sementara untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata volume kedatangan di masa pandemi. Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 31 ribu pengguna yang akan turun di Area Daop 1 Jakarta.

Dari jumlah tersebut sebanyak 13.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 15.300 di Pasar Senen, 1.600 di Bekasi dan sisanya merupakan penumpang turun di Stasiun lain seperti Jakarta Kota, Jatinegara, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Volume penumpang datang tertinggi terjadi pada 5 sampai dengan 9 Mei di mana pada kurun tanggal tersebut rata-rata perhari terdapat sekitar 40 ribu penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta," pungkas dia.


Baca juga artikel terkait KERETA API atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight