Penjualan Saham Bir, Fraksi Nasdem: Terlalu Prematur Memutuskan

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 13 Maret 2019
Bestari menjelaskan perlu ada penjelasan dan kajian terkait penjualan saham bir karena Bestari mengaku belum mengetahui sama sekali terkait apa saja alasan Pemprov DKI Jakarta untuk melepas saham perusahaan bir.
tirto.id - Bestari Barus, Ketua Fraksi Partai Nasdem, DPRD DKI Jakarta, mengatakan terlalu dini bagi DPRD DKI, khususnya Partai Nasdem, untuk memutuskan setuju atau tidak setuju terkait pelepasan saham PT Delta.

“Terlalu prematur untuk setuju dan tidak setuju gitu,” kata Bestari saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Rabu (13/3/2019).

Bestari menjelaskan perlu ada penjelasan dan kajian terkait hal tersebut. Pasalnya, Bestari mengaku bahwa dirinya belum mengetahui sama sekali terkait apa saja alasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melepas saham perusahaan bir tersebut.

“Jangan masuk ke tahapan kajiannya belum, semuanya belum, kemudian kita diminta untuk setuju,” kata Bestari.

Alasan Bestari untuk menolak memberikan pernyataan setuju atau tidak sebelum ada kajian terlebih dahulu adalah kekhawatirannya ada maladministrasi dan sebagainya di kemudian hari.

“Itu bisa memberatkan kami di belakang hari. Kan gitu. Oleh karena itu, saya beberapa kali menyarankan agar dibuat kajiannya dan dibuatlah permohonan untuk dilakukan pembahasan dengan dewan, supaya dewan bisa memutuskan apa yang akan kita rekomendasikan terkait rencana dari gubernur,” jelas Bestari.

Bestari juga meminta adanya pembahasan atau coffee morning dari pihak Pemprov DKI, atau Anies, untuk membahas soal itu.

Terkait persiapan kajian, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa untuk melepas saham tersebut tidak diperlukan kajian yang mendalam.

Pasalnya, menurut Anies, jelas bahwa PT Delta tidak bekerja sebagai BUMD yang seharusnya menjadi tangan dari Pemprov DKI untuk melakukan pembangunan.

Soal pembahasan, Anies pun mendesak agar segera dilakukan pembahasannya. Pasalnya, ia telah menyuratkan DPRD DKI untuk pembahasan tersebut.

“Makanya segera dibahas, kalau udah dibahas, karena itu lah perlu diagendakan. Kalau sudah diagendakan, maka akan dibahas, dan dibahas nanti ditunjukkan semuanya,” ujar Anies saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, pada Rabu (13/3/2019).


Baca juga artikel terkait LEPAS SAHAM BIR atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight