Menuju konten utama

Penjelasan Teknik Promosi dalam Wirausaha: Jenis Media & Tujuannya

Promosi penjualan (sales promotion) merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan bagian integral dari proses pemasaran.

Penjelasan Teknik Promosi dalam Wirausaha: Jenis Media & Tujuannya
Anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melayani pembeli di warung Program Keluarga Harapan (PKH) Shop, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (24/8/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.

tirto.id - Dalam wirausaha, promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu tentang produk baik barang atau jasa, merek dagang atau perusahaan dan lain sebagainya kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran meningkatkan penjualan.

Philip Kotler mendefinisikan promosi sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen agar membeli.

Adapun, perlu adanya strategi dalam melakukan suatu promosi. Strategi promosi merupakan teknik yang digunakan untuk menarik konsumen agar membeli produk yang dibuat sehingga menghasilkan keuntungan.

Teknik-Teknik dalam Promosi

Promosi penjualan (sales promotion) merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan bagian integral dari proses pemasaran. Berbagai cara dilakukan untuk mempromosikan produk yang dibuat.

Seorang wirausahawan harus mengetahui beberapa strategi penjualan untuk meningkatkan popularitas produk yang dihasilkan.

Mengutip modul Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI (2020), beberapa teknik promosi yang dapat dilakukan adalah:

a. Memberikan kupon (coupons)

Teknik ini dilakukan dengan memberikan sertifikat yang memberi hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan pengurangan harga.

b. Price-off Deals (Discount) (Potongan harga)

Teknik ini dilakukan dengan memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari 10-25%.

c. Premium and advertising specialties (Promo spesial)

Teknik ini dilakukan dengan memberikan barang dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu.

d. Contest and sweepstakes (Kontes dan undian)

Teknik promosi yang dilakukan dengan memberikan hadiah berupa tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai perjalanan atau barang-barang karena membeli sesuatu.

e. Sampling and trial offers (Pemberian contoh produk)

Merupakan teknik promosi dengan memberikan penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa.

Jenis-Jenis Media Promosi

Media promosi adalah cara yang dilakukan oleh pengusaha dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya supaya calon konsumen tertarik untuk membeli.

Media juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi.

Mengutip modul Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII (2020), media periklanan dibagi menjadi dua yaitu:

a. Media lini atas (Above the Line)

Media ini terdiri dari iklan-iklan yang dimuat dalam media cetak, media elektronik, (televisi, radio, bioskop) serta media luar ruang (papan reklame dan angkutan), sifat diatas garis (above the line) merupakan media yang tak langsung mengenai audiens, karena terbatas pada penerimaan audiens media.

ATL memiliki ciri ciri sebagai berikut:

  1. Target audiens yang luas.
  2. Lebih mudah untuk menjelaskan sebuah konsep dan ide.
  3. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens.
  4. Media yang digunakan adalah tv, radio, majalah, Koran, tabloid, billboard.
  5. Biaya produksi lebih kecil daripada tayang.

b. Media Lini Bawah (Below The Line)

Media ini terdiri dari seluruh aspek yang berkaitan dengan direct mail, pameran, point of sale display material, kalender, agenda, hingga gantungan kunci.

Media Lini bawah merupakan media yang langsung mengena pada audiens karena sifatnya yang memudahkan audiensi langsung menyerap satu produk atau pesan.

Media BTL memiliki ciri ciri sebagai berikut.

  1. Target audiens terbatas.
  2. Media atau kegiatan memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau interaksi, bahkan langsung melakukan pembelian.
  3. Media yang digunakan event, sponsorship, sampling, point of sale, materials, consumer promotion, trade promotion dan lain lain
  4. Biaya produksi lebih besar daripada tayang dalam promosi sering disebut adanya media primer dan media sekunder.

Media primer adalah media yang diutamakan dalam sebuah promosi sedangkan media sekunder adalah media yang sifatnya menunjang atau melengkapi, sehingga berbeda dengan media ATL dan BTL.

Contohnya televisi bisa menjadi media sekunder bila ternyata brosur dan event lebih efektif dijadikan media primer, begitu pula sebaliknya.

Selain ATL dan BTL kini sudah berkembang media baru yang melintas dua media tersebut yaitu Through The Line yang mencangkup penyempurnaan komunikasi media massa dan non media massa, sehingga melintas media biasanya media promosi ini disebut sebagai media promosi online.

Tujuan Promosi

Adapun, tujuan promosi adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memperkenalkan atau menyampaikan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
  2. Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut.
  3. Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan.
  4. Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor.
  5. Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Baca juga artikel terkait KEWIRAUSAHAAN atau tulisan lainnya dari Maria Ulfa

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Addi M Idhom