Penerimaan CPNS 2018, Pemerintah Buka Lowongan untuk Diaspora

Oleh: Ibnu Azis - 6 September 2018
Pemerintah membuka rekrutmen diaspora dalam pendaftaran seleksi CPNS 2018.
tirto.id - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dibuka untuk 238.015 tenaga CPNS di tingkat daerah dan pusat. Deputi bidang SDM dan Aparatur Kementerian PAN RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada yang berbeda dalam rekrutmen CPNS tahun ini.

Menurut Setiawan, pemerintah akan membuka lowongan CPNS untuk diaspora sebagai bagian dari penerimaan formasi khusus. Rekrutmen tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya dan merupakan yang pertama tahun ini.

"Salah satu yang belum ada tapi tahun ini kita adakan, bahwa [rekrutmen] diaspora ini kita coba untuk menarik teman-teman yang berkiprah di luar negeri untuk membantu," katanya dalam konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

Ia menambahkan, bahwa pemerintah juga membuka formasi khusus lainnya di penerimaan CPNS tahun ini. Selain diaspora, ada lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, hingga putra-putri Papua.

"Tahun ini kita mempunyai beberapa formasi khusus, mulai formasi khusus putra putri papua, yang akan ditempatkan di kementerian dan lembaga," ujarnya pula.

Adapun pendaftaran seleksi CPNS 2018 diperkirakan dimulai pada 16-20 September 2018. Sebelumnya, Menteri PAN-RB Syafruddin mengatakan, pemerintah membutuhkan 51.271 tenaga untuk instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah

"Anggota CPNS untuk instansi pusat akan ditempatkan di 76 kementerian atau lembaga, sementara anggota CPNS untuk instansi daerah ditempatkan di 525 pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota," ujarnya.



Baca juga artikel terkait CPNS 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight