Pendaftaran Online PPDB Yogyakarta SD dan SMP Dimulai Hari Ini

Penulis: Yuliana Ratnasari - 25 Jun 2018 09:43 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran online PPDB Yogyakarta jenjang SD dan SMP jalur prestasi dibuka mulai 25 Juni hingga 3 Juli mendatang.
tirto.id - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 di Kota Yogyakarta dibuka mulai hari ini, 25 Juni. PPDB yang dilakukan secara online ini berlaku bagi calon siswa yang akan masuk SD dan SMP.

Seperti dilansir dari laman SIAP PPDB Online, pendaftaran online PPDB Yogyakarta jenjang SD dan SMP jalur prestasi dibuka hingga 3 Juli mendatang. Sementara itu, calon siswa SMP yang akan masuk lewat jalur zonasi dapat mendaftar sampai dengan 6 Juli.

Cara Pendaftaran PPDB Yogya SD

Pendaftaran online PPDB Kota Yogyakarta jenjang SD dilakukan melalui link yogya.siap-ppdb.com. Calon peserta didik diminta mengisi maksimal 16 pilihan sekolah yang akan didaftarkan. Selanjutnya, tanda bukti pengajuan pendaftaran ini dapat dicetak untuk dibawa saat verifikasi pendaftaran.

Pada 2-3 Juli, peserta wajib melakukan verifikasi pendaftaran dengan mendatangi salah satu sekolah pilihan. Dalam proses ini, diharuskan pula menunjukkan akta kelahiran asli serta menyerahkan satu lembar fotokopi akta kelahiran. Selain akta, wajib ditunjukkan pula KK asli dan diserahkan juga satu lembar fotokopinya.

Selanjutnya, peserta akan mendapat tanda bukti verifikasi pendaftaran sebagai tahap akhir menyelesaikan pendaftaran online PPDB 2018. Hasil seleksi akan diumumkan di link ini pada 4 Juli pukul 08.00 WIB.

Cara Pendaftaran PPDB Yogya SMP

Calon siswa jenjang SMP yang akan mendaftar di Kota Yogyakarta wajib melakukan pendaftaran online melalui tautan ini. Setelahnya, peserta wajib melakukan verifikasi pendaftaran di salah satu sekolah yang menjadi pilihannya pada 5-6 Juli bagi peserta jalur zonasi dan 2-3 Juli untuk peserta jalur prestasi.

Dalam proses tersebut, calon siswa menyerahkan tanda bukti pengajuan pendaftaran, satu lembar fotokopi ijazah jenjang sebelumnya yang telah dilegalisasi dan menunjukkan Ijazah asli.

“Bagi calon peserta didik yang belum memiliki ijazah dapat diganti dengan surat keterangan Lulus dari sekolah,” demikian ditulis dalam ketentuan pendaftaran di situs web yogya.siap-ppdb.com.

Selain itu, diserahkan pula SKHUS/M asli dan satu lembar fotokopi SKHUS/M yang telah dilegalisasi, Surat Keterangan Penambahan Nilai Prestasi bagi yang memiliki, serta satu lembar fotokopi Kartu Keluarga dan menunjukkan Kartu Keluarga asli.

Setelah melakukan proses di atas, peserta akan mendapatkan tanda bukti verifikasi pendaftaran. Pengumuman hasil PPDB online SMP Kota Yogyakarta akan disiarkan pada 4 Juli (bagi peserta jalur prestasi) dan 10 Juli (peserta jalur zonasi). Ada pun hasil seleksi diumumkan lewat situs wes yogya.siap-ppdb.com dan papan pengumuman sekolah pada pukul 10.00 WIB.


Baca juga artikel terkait PPDB atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari

DarkLight