Pendaftaran Online CPNS 2019 di sscasn.bkn.go.id Dibuka 2 Hari Lagi

Oleh: Yantina Debora - 9 November 2019
Pendaftaran online CPNS 2019 di https://sscasn.bkn.go.id/ dibuka mulai 11 November 2019.
tirto.id - Pendaftaran online seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal dibukan dalam dua hari lagi yaitu pada 11 November 2019 di laman SSCASN BKN.

BKN mengatakan pendaftaran bisa dilakukan melalui https://sscasn.bkn.go.id/. Portal ini baru bisa diakses pada saat pembukaan pendaftaran online CPNS.

Saat akan melakukan pendaftaran, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen persyaratan seperti scan KTP asli, pas foto, swafoto, ijazah, transkrip nilai asli.

Dokumen tersebut wajib diunggah saat mendaftar di portal SSCASN BKN. Selain itu terdapat beberapa dokumen yang disyaratkan oleh masing-masing instansai.

Tahap pendaftaran dimulai dengan mengakses portal https://sscasn.bkn.go.id/. Diimbau untuk menggunakan komputer atau laptop saat mendaftar online CPNS.

Buat akun menggunakan NIK KTP dan nomor KK. Isi dengan lengkap biodata yang tersedia di SSCASN. Usai mengisi biodata, unggah pasfoto berukuran 4x6 dan berlatar merah dan mencetak Kartu Informasi Akun.

Usai membuat akun, log in lagi di https://sscasn.bkn.go.id/ menggunakan NIK dan password yang telah didaftar. Selanjutnya unggah swafoto yang memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.

Isi data lain yang dibutuhkan saat pendaftaran atau yang tersedia dalam SSCASN. Lalu mulai memilih formasi, jabatan, lokasi formasi dan lokasi tes CPNS.

Unggah semua dokumen yang disyaratkan dan pastikan dokumen yang diunggah sesuai dengan format yang diminta.

Usai mengunggah dokumen syarat pendaftaran CPNS, simpan data dengan data pada Form Resume. Lalu cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran online CPNS 2019.

Lowongan CPNS periode 2019 ini dibuka untuk lulusan SMA/SMK, D3, D4 hingga S2. Terdapat tiga formasi utama dalam seleksi kali ini yaitu guru sebanyak 63.324 kuota, Tenaga kesehatan 31.756 kuota, dan Teknis fungsional 23.660 kuota.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight