Pemprov DKI Targetkan 40 Ribu Kartu Lansia Dibagikan Tahun Ini

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 24 April 2019
Kartu lansia ini diperuntukan bagi masyarakat DKI Jakarta dengan usia 60 tahun ke atas, serta tidak memiliki penghasilan tetap atau kurang mampu.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembagian kartu lansia Jakarta tahun ini.

Kartu lansia ini diperuntukan bagi masyarakat DKI Jakarta dengan usia 60 tahun ke atas, serta tidak memiliki penghasilan tetap atau kurang mampu.

“Kemudian jumlah yang diberikan di tahun 2019 ini sebesar 40.419 orang lansia dengan alokasi anggaran Rp291 miliar,” kata Anies saat ditemui di Jakarta Utara pada Rabu (24/4/2019).

Kartu tersebut bernilai Rp600 ribu perbulannya. Para pemilik kartu tersebut dapat mengambil uangnya di kantor Bank DKI atau ATM Bank DKI.

Program tersebut dikelola oleh Dinas Sosial atau Dinsos. Dinsos juga menjadi pihak yang bertugas untuk melakukan pendataan jumlah masyarakat lanjut usia yang memang membutuhkannya.

Selain ditujukan bagi mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap dan kurang mampu, kartu tersebut juga menyasar bagi mereka yang sudah sulit untuk memenuhi kebutuhan psikis dan fisiknya.

“Termasuk juga orang tua yang memiliki penyakit menahun dan sama sekali tidak bisa melakukan kegiatan,” ujar Anies.

“Jadi intinya adalah orang tua di Jakarta harus kita hormati, hargai, dan lindungi, termasuk dalam kesejahteraannya karena itu lah kita memberikan program bantuan keuangan kepada mereka, dan ini kita ajukan melalui Bank DKI,” jelas Anies.

Anies mengatakan bahwa harapannya adalah mereka dapat menjalankan hidup lebih layak.

“Dengan begitu semua orang tua di Jakarta bisa hidup sejahtera. Alhamdulilah bila mereka bisa dirawat dan dilindungi oleh anak-anaknya. Bila kondisi ekonominya tak cukup, maka pemerintah ada untuk melindungi,” pungkas Anies.


Baca juga artikel terkait PEMPROV DKI atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Nur Hidayah Perwitasari