Pemprov DKI Siapkan Buka Puasa Bersama Warga Miskin di 223 RW

Oleh: Naufal Mamduh - 11 Mei 2018
Pemprov DKI Jakarta akan menggelar buka puasa bersama warga tidak mampu dari 223 RW yang selama ini masuk kategori kawasan miskin.
tirto.id - Pada bulan Ramadhan 1439 hijriah, Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar buka puasa bersama warga Jakarta yang kurang mampu.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pihaknya sudah mendata 223 RW di DKI Jakarta yang masuk kategori miskin untuk mempersiapkan kegiatan buka puasa bersama tersebut.

"Kita buat kolaborasi, saya kemarin instruksikan dimulai dari 223 RW yang masuk kategori miskin, jadi nanti di RW yang masuk kategori ini kita akan lakukan penyiapan buka puasa ke sana dan kita melibatkan juga pihak-pihak masyarakat, nah ini lagi ditata semuanya," kata Anies di Balai Kota Jakarta, pada Jumat(11/5/2018).

Anies menambahkan masyarakat juga bisa membantu dalam pelaksanaan buka puasa bersama dengan warga Jakarta yang kurang mampu. Menurut dia, hal ini sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menggelar kegiatan di bulan Ramadhan tahun ini.

“Nanti kegiatannya pasti akan diumumkan supaya masyarakat bisa terlibat. Saya sampaikan kemarin bahwa kita tidak usah memonopoli semuanya tinggal cukup umumkan tempat-tempatnya supaya bisa terlibat nanti penyediaannya bisa disana itu yah," kata Anies.

Dia menjelaskan kegiatan seperti ini digelar karena selama ini buka puasa bersama selalu identik dengan kegiatan berbuka bareng para tokoh.

"Selama ini seringkali kalau mengadakan buka puasa bersama tokoh, sementara banyak warga miskin di Jakarta yang dalam kenyataannya di saat buka puasa justru dalam kondisi lapar. Karena itu kita harus memikirkan mereka-mereka yang menjalankan puasa di saat secara ekonomi amat lemah. Jadi saya siapkan untuk mereka bisa buka puasa bersama," kata Anies.


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Naufal Mamduh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Naufal Mamduh
Penulis: Naufal Mamduh
Editor: Addi M Idhom
DarkLight