Pemprov DKI: Kemang Sudah Macet Sebelum Ada Proyek

Oleh: Haris Prabowo - 3 Desember 2019
Menurut Bina Marga DKI Kemang sedang dilakukan banyak proyek, bukan hanya revitalisasi trotoar saja.
tirto.id - Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho merespons mengenai parahnya kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan di Kemang, Jakarta Selatan, pada Jumat (29/11/2019) lalu.

Hari mengakui bahwa memang di daerah Kemang sedang dilakukan banyak proyek, bukan hanya revitalisasi trotoar saja.

"Jadi gini. Kemang itu ada pengerjaan proyek banyak. Selain revitalisasi trotoar, ada juga peningkatan jalan, ada relokasi jaringan PLN, dan ada utilitas lainnya. Tapi memang kan berbarengan," kata Hari saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Namun Hari mengatakan daerah Kemang sudah kerap terjadi macet, bahkan sebelum ada proyek-proyek.

"Orang sebelum ada pengerjaan fisik, Kemang memang udah macet kan. Paling nanti Desember selesai, Januari sudah aman," katanya.

Ia memaklumi jika dengan ada proyek-proyek seperti itu memang rentan membikin macet jalanan.

"Desember selesai [targetnya]. Kalau masalah bongkar dan galian [jalanan] dikit-dikit, ya macet lah. Tapi nanti sudah kelihatan tertata rapi satu atau dua Minggu kedepan," kata dia.

Lamanya proyek revitalisasi trotoar terjadi di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Tak hanya revitalisasi trotoar, perbaikan saluran air bawah tanah di beberapa titik di Kemang juga masih belum selesai sejak beberapa bulan lalu.

Puncaknya adalah Jumat (29/11/2019) lalu saat seluruh Kemang macet total dari sore sampai malam hari.

Awalnya wartawan Tirto melewati Jalan Bangka menuju Jalan Kemang Raya, kepadatan mobil dan truk sudah mengular sejak awal, pukul 16.10 WIB. Pukul 17.51 WIB, saat melewati Jalan Kemang Selatan juga demikian padatnya hingga motor pun sulit bergerak.


Baca juga artikel terkait TROTOAR KEMANG atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight