Pemprov DKI Akan Luncurkan Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah Besok

Oleh: Hendra Friana - 11 Oktober 2018
Pemprov DKI masih enggan menjelaskan skema peluncurkan pembelian unit rumah DP 0 rupiah tersebut.
tirto.id - Pemprov DKI Jakarta akan meluncurkan pendaftaran pembelian unit hunian DP 0 rupiah besok, Jumat (12/10/2018). Hal tersebut dikonfirmasi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) DKI, Meli Budiastuti, saat dihubungi Tirto.

"Iya [rencanya Jumat], nanti kami umumkan," ujarnya singkat lewat sambungan telepon, Kamis (11/10/2018).

Kendati demikian, Meli enggan menjelaskan detail rencana tersebut. Termasuk soal alas hukum yang mengatur skema pembiayaan serta pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang akan mengelola unit DP 0 rupiah yang bakal dipasarkan.

"Tunggu aja informasi dari Diskom Infotik. Nanti akan kita infokan dengan dinas kominfotik [Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik]. Akan ada pers rilisnya ya," imbuhnya.

Dirut PD Saran Jaya, Yorry C Pinotoan, juga membenarkan soal rencana peluncuran program DP 0 rupiah yang akan dilakukan besok.


Namun, ia tak bisa menjelaskan apakah yang akan diluncurkan terlebih dahulu adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang bakal menjadi pengelola program DP 0 rupiah, skema pemesanan atau proyek pembangunan baru rusun program tersebut.

"Rencananya besok, tanggal 12 ada launching. Tapi untuk lebih jelasnya nanti Dinas perumahan atau Kominfo yang akan kasih informasinya," ungkap Yorry kepada Tirto.

Sebelumnya Sekretaris DKI Jakarta Saefullah menyampaikan bahwa Dinas PRKP masih berjibaku mempersiapkan Peraturan Gubernur yang bakal jadi alas hukum pelaksanaan program DP 0 rupiah.

Rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) itu kini masih dibahas bersama dengan beberapa stakeholder salah satunya Unit Pelaksana Teknis (UPT) DP 0 yang telah terbentuk.

"Pergubnya lagi direvisi, revisi, perbaikan," kata Saefullah di Gedung DPRD DKI Jakarta, kemarin, Rabu (10/10/2018).


Baca juga artikel terkait RUMAH DP NOL RUPIAH atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Dari Sejawat
Infografik Instagram