Pemilu 2019: Komisioner KPU Pantau Pemilu di Sejumlah Lokasi

Oleh: Mohammad Bernie - 17 April 2019
Arief Budiman berserta komisioner KPU lainnya memantau pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di sejumlah lokasi
tirto.id - Ketua KPU Arief Budiman beserta komisioner KPU lainnya memantau pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di sejumlah lokasi. Lokasi pertama yang disambangi ialah Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur.

Terdapat 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas Cipinang. Pertama TPS 168 yang terdapat di area rumah tahanan Cipinang, TPS 161 yang terdapat di Lapas Cipinang, dan TPS 175 yang terdapat di Lapas Narkotika Cipinang.

Selanjutnya, rombongan KPU akan bertolak ke daerah Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. KPU akan memantau pelaksanaan pemilu di TPS 010, TPS 083, dan TPS 084.

Selepas makan siang, rombongan melanjutkan perjalanan ke Taman Suropati, Jakarta Pusat. Di sini komisioner KPU akan memantau proses penghitungan suara di 3 TPS. Dalam rentetan kunjungan ini, juga hadir perwakilan dari beberapa negara sahabat.

Kemudian pada pukul 18.00 WIB rombongan akan berkumpul di hotel Ritz Carlton Jakarta untuk konferensi pers pelaksanaan Pemilu hari ini.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.

Satu kotak suara mewakili satu tingkatan pemilihan, yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight