tirto.id - PT MRT Jakarta (Perseroda) melaporkan progres proyek moda raya terpadu fase 2, dari Stasiun Bundaran HI Jakarta hingga Stasiun Ancol Barat mencapai 34 persen per 30 April 2024.
Secara rinci, progres untuk Stasiun MRT Bundaran HI ke Stasiun Harmoni mencapai 75,83 persen, kemudian Stasiun Harmoni ke Stasiun Mangga Besar mencapai 29,38 persen, dan Stasiun Mangga Besar ke Jakarta Kota mencapai 51,45 persen.
Sebagai informasi, MRT Jakarta juga baru saja melakukan penandatanganan kontrak kerja sama perancangan dan pembangunan CP 205 fase 2A, yaitu sistem perkeretapian dan rel (track).
Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda), Weni Maulina dan Assistant General Manager, Airport, and Transportation Infrastructure Department Sojitz Corporation, Naoki Kazama, dan disaksikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, serta Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat.
Direktur Konstruksi MRT Jakarta, Weni Maulina, mengatakan pembangunan fase 2A CP 203 atau Stasiun Bundaran HI ke Jakarta Kota sudah dilakukan tahap pengecoran lantai hingga pembangunan struktur akses tangga.
"Untuk CP 203, Mangga Besar sampai Kota dari sisi stasiun sudah mulai terlihat pengerjaannya strukturnya mulai dilakukan pengecoran untuk lantai-lantainya, struktur-struktur tangga sudah mulai dilakukan di Stasiun Glodok," ucap Weni dalam acara Forum Jurnalis MRT Jakarta di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2024).
Di samping itu, Tuhiyat mengatakan pembangunan proyek MRT fase 2A Stasiun Bundaran HI–Jakarta Kota akan rampung pada 2029. Sementara Stasiun Bundaran HI-Monas rencananya akan diselesaikan pada 2027.
Kerja sama Indonesia dengan Jepang menyelesaikan proyek MRT di Jakarta didorong untuk meningkatkan sistem transportasi publik yang lebih baik sehingga masyarakat dari berbagai sudut kota bisa memanfaatkannya.
Tuhiyat juga memastikan bahwa pembangunan moda raya terpadu ini akan dilanjutkan fase 3 yang terbentang dari timur ke barat Jakarta sepanjang 84 kilometer (km), yang pembangunannya akan mulai dikerjakan pada Agustus 2024.
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Maya Saputri