Pemakaman George Floyd Akan Dilakukan 9 Juni 2020 di Pearland

Oleh: Ahmad Efendi - 8 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
George Floyd akan dimakamkan Selasa (9/6/2020)
tirto.id - Pemakaman George Floyd akan dilangsungkan pada Selasa (9/6/2020) besok siang waktu setempat. Mengutip ABC 13, salah seorang perwakilan keluarga Floyd mengatakan jasad Floyd akan dikuburkan di samping makam ibunya.

Floyd sendiri akan dimakamkan di Houston Memorial Gardens, Pearland. Jasadnya telah tiba di Houston pada hari Sabtu (6/6/2020) lalu pukul 21:40 waktu setempat dan kemudian langsung dibawa ke Pusat Perencanaan Memorial Fort Bend oleh Departemen Kepolisian Houston.

Upacara peringatan akan dimulai pukul 11.00 siang di Fountain of Praise Church. Setelah itu, prosesi yang membawa jenazah Floyd akan langsung pergi dari gereja menuju pemakaman.

Meskipun acara peringatan dan pemakaman pada hari Selasa merupakan acara tertutup, publik tetap bisa menyaksikan acara peringatan lain yang telah dijadwalkan pada hari Senin di Fountain of Praise Church.


Capres Joe Biden Akan Berikan Penghormatan

Sebagaimana dikutip BBC, sebelumnya pada hari Jumat (5/6/2020) lalu, calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden diperkirakan bakal menghadiri acara pemakaman Floyd pada hari Selasa besok di Houston.

Namun, Biden akan hadir sehari sebelum hari pemakaman untuk menemui keluarga Floyd. Ia akan terbang menuju Houston guna menemui keluarga mendiang George Floyd untuk menunjukkan bela sungkawa menjelang prosesi pemakaman.

Dalam kunjungan yang direncanakan pada hari Senin (8/6/2020), Biden akan menunjukkan simpati serta merekam video testimoni yang bakal ditampilkan dalam pemakaman Floyd sehari berikutnya. Selain itu, Biden juga akan menggelar dialog bersama para demonstran.

Seperti dilansir dari Reuters, Biden tak akan menghadiri pemakaman Floyd agar tidak merepotkan keluarga dengan urusan protokoler. Pemakaman Floyd di Houston diprediksi bakal penuh oleh massa, melihat aksi turun ke jalan mendesak keadilan terhadap Floyd masih berlangsung masif di seluruh AS.

Isu pembunuhan Floyd memang menjadi medan debat bagi Biden, untuk melawan petahana presiden Donald Trump dalam Pilpres yang dijadwalkan November nanti.

Biden memilih satu sikap dengan massa aksi yang menganggap kematian Floyd sebagai momen kritis isu rasialisme di AS. Politisi asal Delaware ini juga pernah bermanuver untuk menemui komunitas Afrika-Amerika.


Petinju Mayweather Tanggung Biaya Pemakaman

Floyd Mayweather dikabarkan telah mengirimkan donasi sebesar 88,5 ribu dolar AS atau setara Rp1,2 milyar rupiah pada keluarga George Floyd untuk biaya upacara pemakaman.

Mayweather yang disebut bakal membiayai upacara pemakaman George Floyd, terbukti telah mengirim cek senilai Rp1,2 Miliar. Hal tersebut terungkap dalam salah satu unggahan anggota keluarga George Floyd yang berterima kasih pada Mayweather.

Sebelumnya, CEO Mayweather Promotions Leonard Ellerbe memang telah mengatakan Mayweather bakal membayar upacara pemakaman George Floyd.

"Dia mungkin akan marah pada saya karena mengatakan ini, namun dia memang akan membayar upacara pemakaman itu," ucap Ellerbe kepada ESPN, Selasa (2/6/2020) lalu.


Baca juga artikel terkait GEORGE FLOYD atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight