PDIP Tunjuk Utut Adianto Jadi Wakil Ketua DPR RI

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 19 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan penunjukan Utut Adianto sebagai pimpinan DPR karena pengalaman dan kinerjanya sebagai kader PDIP dan Ketua Fraksi PDIP di DPR.
tirto.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menunjuk Utut Adianto untuk mengisi jabatan wakil ketua DPR. Hal ini disampaikan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Megawati Soekarnoputri akhirnya menetapkan Drs. Utut Adianto sebagai wakil ketua DPR RI," kata Hasto melalui keterangan tertulisnya yang diterima Tirto, Senin (19/3/2018).

Hasto menyatakan penunjukan Utut berdasarkan pengalaman dan kinerjanya sebagai kader PDIP dan Ketua Fraksi PDIP di DPR.

"Pak Utut telah digembleng sebagai kader Partai yang memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik, dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara," kata Hasto.

Penempatan Utut sebagai wakil ketua MPR, kata Hasto, merupakan sebuah upaya untuk lebih menguatkan kepemimpinan Jokowi dengan dukungan parlemen.

"Ia bertugas memberikan dukungan yang lebih efektif bagi program-program pemerintahan Jokowi," kata Hasto.

Menanggapi hal ini, Utut menyatakan siap mengemban tugas sebagai Wakil Ketua DPR dan membawa aspirasi PDIP di parlemen.

"19 bulan ke depan ini saya selesaikan masa periode ini dengan sebaik-baiknya," kata Utut di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018).

Sementara itu, Ketua DPR, Bambang Soesatyo menyatakan pelantikan Wakil Ketua DPR akan dilaksanakan besok, Selasa (20/3/2018) jam 10 pagi.

"Saya ucapkan terima kasih ke PDIP yang segera kirim nama kader terbaiknya jadi wakil ketua DPR, Pak Utut," kata Bambang, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018).

Sore ini, kata Bambang, DPR akan mengadakan rapat Bamus untuk persiapan Sidang Paripurna pelantikan Utut. Namun, ia enggan menyatakan bidang yang akan ditangani politisi PDIP itu sebagai pimpinan DPR.

"Rahasia dapur, nanti Pak Utut dilantik dulu. Lalu kami bicarakan berenam," kata Bambang.

PDIP mendapat jatah pimpinan DPR setelah revisi UU MD3 menyatakan penambahan 1 kursi piminan DPR, 3 kursi pimpinan MPR dan 1 kursi pimpinan DPD. Selain menunjuk Utut, partai berlambang banteng ini juga menunjuk Ahmad Basarah sebagai Wakil Ketua MPR untuk mengisi jatah mereka.

Surat rekomendasi dari DPP PDIP diterima Pimpinan DPR dan MPR pukul 10 pagi tadi.


Baca juga artikel terkait DPR-RI atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Politik)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Yandri Daniel Damaledo