Paskibraka Nasional Gelar Gladi Bersih Jelang HUT Ke-74 RI

Oleh: Wulan Astari - 15 Agustus 2019
Pada H-2 menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, para anggota Paskibraka melaksanakan gladi bersih di halaman Istana Merdeka.
tirto.id - Menjelang perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kembali melakukan gladi bersih di halaman Istana Merdeka, pada Kamis (15/08/19).

Sebelumnya, pada tanggal 13 Agustus 2019 calon pasukan pengibar bendera pusaka juga telah melakukan gladi kotor.

Gladi bersih ini bertujuan untuk memantapkan lagi pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2019.

Presiden Joko Widodo turut hadir menyaksikan gladi bersih, didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Mendikbud Muhadjir Effendy dan Mensesneg Pratikno.

Presiden Joko Widodo sendiri yang akan bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Sebelumnya, sebanyak 68 calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka ini telah melakukan latihan gabungan bersama TNI dan POLRI di Lapangan Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON) Cibubur, Jakarta pada Jumat (9/8/2019).

Capaska ini berasal dari 34 provinsi di Indonesia mereka membawa nama daerah masing-masing untuk melaksanakan tugas negara pada peringatan HUT kemerdekaan RI.

Menurut Eka Imelda Novitasari atau biasa disapa Ophy selaku Pembina Paskibraka Nasional, Ophy calon Paskibraka itu telah tiba di Jakarta sejak 25 Juli 2019.

Pemusatan latihan secara intesif telah dilakukan, hingga latihan gabungan bersama peserta upacara yakni TNI dan Polri sudah dilaksanakan di Cibubur.

“Mereka masih disebut Capaska (calon Paskibraka) sebelum dikukuhan Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2019 di Istana Negara sebagai Paskibraka Nasional,” jelas Ophy sebagaimana dilansir Antara.


Baca juga artikel terkait GLADI BERSIH PASKIBRAKA DI ISTANA NEGARA atau tulisan menarik lainnya Wulan Astari
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Wulan Astari
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Wulan Astari
DarkLight