Panitia Formula E Minta Sponsor ke BUMN, PSI: Pasti Lagi Cekak

Reporter: Riyan Setiawan - 24 Mei 2022 08:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo mempertanyakan daftar sponsor Formula E hingga kini belum dibuka ke publik.
tirto.id - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo mempertanyakan tindakan Panitia Pelaksana Formula E yang meminta sponsor kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia menilai hal ini menunjukkan bahwa Formula E Jakarta belum mendapat sponsor yang cukup.

"Sampai meminta sponsor ke BUMN secara terbuka begitu sebenarnya menunjukkan bahwa panitia lagi cekak karena kekurangan sponsor. Di sisi lain, sponsor yang katanya sudah ada belum juga dibuka sampai hari ini," kata Anggara melalui keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

Anggara mengatakan hal ini juga memperlihatkan persiapan acara berantakan karena masih mencari sponsor pada waktu kurang dari dua pekan sebelum pelaksanaan balapan.

"Acara mana yang seminggu lebih sebelum acara masih cari sponsor. Nantinya kalaupun BUMN akhirnya kasih sponsor, ini karena lobi-lobi bukan pertimbangan kelayakan untuk disponsori," kata dia.

Selain itu, Anggara juga menyoroti ketidakmampuan Pemprov DKI Jakarta menjual tiket Formula E sampai harus mengandalkan pengunjung Ancol.

"Terlihat juga bahwa tiket Formula E susah laku. Kawasan Ancol ditutup untuk umum tapi yang punya tiket Formula E bisa masuk semua wahana di Ancol. Ini kan akal-akalan, orang yang mau ke Dufan akhirnya beli tiket saja biar bisa masuk walaupun dia gak mau nonton Formula E," ujarnya.

Pekan lalu, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni meminta perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi sponsor acara balapan mobil listrik tersebut. Ia bilang belum ada perusahaan pelat merah yang menjadi sponsor balapan Formula E yang digelar di Ancol, Jakarta Utara.

"Kami berharap karena ini kegiatan internasional, saya dan panitia berharap BUMN berikan sponsor secara mutlak," kata Sahroni saat konferensi pers di kawasan Sirkuit Formula E, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu mengklaim telah menemui Menteri BUMN Erick Thohir pada 9 Mei 2022 setelah Presiden Joko Widodo mengunjungi sirkuit Formula E.

"Senin gue ngadap pak ET (Erick Thohir) sampaikan proposal. Sampai hari ini belum ada feedback. Kami tunggu pak ET," kata Sahroni.


Baca juga artikel terkait SPONSOR FORMULA E atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight