Panglima TNI Tunjuk Mayjen Dudung Abdurrahman Jadi Pangkostrad

Oleh: Andrian Pratama Taher - 26 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengganti Panglima Kostrad Letjen Eko Margiyono dengan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurrahman.
tirto.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tidak hanya merotasi Letjen Doni Monardo dengan Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB. Hadi ikut mengganti Panglima Kostrad Letjen Eko Margiyono dengan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurrahman.

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan TNI," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto dalam keterangan, Selasa (25/5/2021).

Edys mengatakan, rotasi berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021 tanggal 25 Mei 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dari daftar tersebut 46 Pati (perwira tinggi) TNI AD, 15 Pati TNI AL dan 19 Pati TNI AU dirotasi.

Dalam daftar 46 pati TNI yang dirotasi, posisi Doni sebagai Kepala BNPB digantikan Kasum TNI Letjen Ganip Warsito. Kursi Ganip diisi oleh Letjen Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat Pangkostrad. Kursi Pangkostrad lantas diisi oleh Dudung selaku Pangdam Jaya.

Kursi Pangdam Jaya lantas diisi oleh Mayjen TNI Mulyo Aji yang sebelumnya menjabat sebagai asisten personel (Aspers) KSAD. Sementara itu, kursi Aspers KSAD diduduki oleh Mayjen Wawan Rusdi.

Selain itu, kursi Koorsahli KSAD kembali diduduki Letjen Wisnoe Prasetja Boedi yang kini menjadi Danpusterad. Kursi Koorsahli KSAD saat ini, Letjen Besar Harto Karyawan dirotasi sebagai Pati TNI dalam rangka pensiun. Kursi Danpusterad lantas diisi oleh Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang sebelumnya Asintel KSAD. Kursi Asintel diserahkan kepada Mayjen TNI Bambang Ismawan.

Di sisi lain, nama Brigjen Ario Prawiseso ikut masuk daftar rotasi dari Kepala Biro Logistik pada Sekretariat Utama BIN menjadi Staf Khusus Menteri Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis Kemenparekraf.

Di matra TNI AL, kursi Irjenal yang diduduki Laksda TNI Moelyanto diserahkan kepada Laksma Sunaryo yang merupakan Wairjenal. Moelyanto diganti dalam rangka pensiun. Kursi Koorsahli KSAL pun berpindah dari Laksda TNI Thamrin yang pensiun ke Laksma Muhammad Zaenal yang sebelumnya menjabat Danlatamal V Surabaya. Kursi Daantamal V lantas diserahkan kepada Laksma TNI Yoos Suryono Hadi.

Sementara itu, pejabat di lingkungan TNI AU yang berpindah adalah Marsda Andyawan Martono yang sebelumnya Asrena KSAU menjadi Danjen Akademi TNI menggantikan Marsdya Tamsil Gustari Malik. Kursi Asrena KSAU diduduki oleh Marsda TNI Purwoko Aji Prabowo yang sebelumnya menjabat Pangkoosau III. Kursi Pangkoopsau III lantas diduduki oleh Wairjen TNI Marsda Bowo Budiarto.






Baca juga artikel terkait PANGLIMA TNI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight