Bundesliga 2019/2020

Pandemi Corona Setop Liga Jerman, Wolfsburg Malah Gelar Latihan

Oleh: Iswara N Raditya - 24 Maret 2020
Bundesliga Jerman disetop lantaran pandemi Corona atau COVID-19, namun VFL Wolfsburg justru kembali menggelar latihan.
tirto.id - Bundesliga Jerman disetop lantaran pandemi Corona atau COVID-19 semakin menggila. Di tengah situasi yang belum sepenuhnya aman, VFL Wolfsburg justru menjadi klub pertama Bundesliga yang kembali menggelar latihan pada Senin (23/3/2020) waktu setempat.

Melalui laman resmi klub, Wolfsburg mengabarkan bahwa pemainnya sudah mulai berlatih kembali. Kendati demikian, pihak klub menegaskan bahwa latihan dilakukan dengan metode yang seaman mungkin, termasuk menyediakan hand sanitizer di banyak titik.

Para pemain Wolfsburg berlatih secara terpisah dalam empat kelompok selama 2 jam. Skuad asuhan Oliver Glasner juga tidak menggunakan fasilitas seperti biasa, namun berlatih di ruang ganti Volkswagen Arena.

"Tentu saja kami akan lebih memilih bermain sepak bola, namun kami sadar bahwa kami perlu beradaptasi dengan berbagai hal," ujar salah satu pemain Wolfsburg, Daniel Ginczek, kepada situs resmi klub.

"Pihak klub melakukan upaya pencegahan yang sangat serius terkait kebersihan,” tambah striker berusia 29 tahun yang baru mencetak 2 gol untuk Wolfsburg di Bundesliga musim 2019/2020 ini.


“Ruangan-ruangan di stadion sangat besar dan masing-masing grup memiliki ruang gantinya masing-masing, para pemain duduk berjauhan. Semua orang memiliki peralatan sendiri seperti handuk, blackroll, dan matras," imbuhnya.

Otoritas kompetisi dan federasi sepak bola Jerman telah memutuskan untuk menghentikan liga hingga tanggal 3 April 2020, termasuk Bundesliga 1 yang mulai disetop tanggal 14 Maret 2020. Besar kemungkinan penundaan ini akan diperpanjang.

Data terbaru dari WHO per tanggal 24 Maret 2020 pukul 21.00 WIB menyebutkan bahwa ada 31.370 kasus COVID-19 di Jerman dengan 133 orang di antaranya meninggal dunia dan 749 pasien dinyatakan sembuh.

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight