Orang Tua Bharada E di Mako Brimob, LPSK Jamin Aman

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 25 Agu 2022 19:03 WIB
LPSK menjamin kondisi orang tua Bharada E di Mako Brimob dalam kondisi baik dan bukan dalam keadaan disekap.
tirto.id - Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo mengungkapkan keberadaan orang tua Bharada Richard Eliezer alias Bharada E saat ini ada di Mako Brimob. LPSK, kata Hasto menjamin bahwa kondisi orang tua Bharada E saat ini dalam kondisi baik dan bukan dalam keadaan disekap.

"Mereka tidak disekap ya tapi mereka sebenarnya diamankan supaya tidak ada ancaman kepada yang bersangkutan," terang Hasto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/8/2022).

Hasto mengatakan jajaran LPSK selalu mendapatkan laporan kondisi orang tua Bharada E dari pihak Mako Brimob. Saat ini LPSK masih belum mendampingi kedua orang tua Bharada E. Pendampingan akan diberikan bila ada surat permohonan.

"Kalau nanti diperlukan dan mereka meminta akan kami berikan," ujarnya.

Adapun kondisi Bharada E saat ini juga berada di bawah pemantauan LPSK. Karena ditempatkan suatu CCTV di tempat Bharada E saat ini tinggal.

"Ada CCTV yang bisa kita pantau selama 24 jam selain penempatan dan pengawalan. Selain ada CCTV kita juga suplai makanannya supaya lebih terjamin," jelasnya.

Selain itu, sebagai justice collaborator pemeriksaan Bharada E harus didampingi oleh LPSK.

"Sejak ditetapkan sebagai JC kita koordinasi dengan Bareskrim untuk melakukan pengamanan kepada yang bersangkutan. Selain itu setiap proses yang dialami oleh Bharada E, LPSK harus dilibatkan untuk mendampingi," tegasnya.


Baca juga artikel terkait KASUS BRIGADIR J atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight