Menuju konten utama

Opsi MRT Jakarta Fase 4, ada Fatmawati-TMII

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap Korea Selatan bisa berpartisipasi dalam membangun jaringan MRT Jakarta Fase 4.

Opsi MRT Jakarta Fase 4, ada Fatmawati-TMII
Pekerja membersihkan jalur rel kereta trem yang ditemukan di lokasi pembangunan MRT Jakarta fase 2A paket kontrak atau CP 203 Glodok-Kota, Jakarta, Rabu (29/12/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

tirto.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap Korea Selatan bisa berpartisipasi dalam membangun jaringan MRT Jakarta Fase 4. Hal itu disampaikan di sela kegiatan 28th ASEAN Transport Minister Meeting di Bali, Senin (17/10) kemarin

"Kami sangat berharap Korea Selatan dapat berpartisipasi dalam pengembangan MRT Jakarta Fase 4 dan mengulang kerja sama baik yang pernah terjalin sebelumnya pada pengembangan LRT Jakarta fase pertama," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dikutip dari Antara, Selasa (18/10/2022).

Tidak hanya menawarkan kepada delegasi Korea Selatan. Budi juga menawarkan sejumlah proyek perkeretaapian kepada negara anggota serta mitra wicara ASEAN. Adapun proyek perkeretaapian yang ditawarkan mencakup MRT Jakarta Fase 4, pengembangan LRT Jakarta, serta pengembangan LRT Bali.

Paralel dengan kegiatan 28th ASEAN Transport Minister Meeting di Bali, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) juga mengadakan rapat dengan K-Consorsium, yang merupakan konsorsium buatan Korea Selatan untuk menindaklanjuti usulan pembangunan MRT Jakarta Fase 4.

Dalam rapat tersebut, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Risal Wasal menyampaikan MRT Jakarta Fase 4 akan dibangun dengan koridor timur-barat dan direncanakan akan diintegrasikan dengan koridor utara-selatan yang sudah lebih dulu dibangun.

"Ada setidaknya tiga usulan trase yang dikaji pada kajian awal MRT Jakarta Fase 4, yaitu opsi I dari Bandara Soekarno-Hatta sampai dengan Jakarta International Stadium, opsi II dari Pondok Gede sampai dengan Joglo, serta opsi III dari TMII sampai dengan Fatmawati," kata Risal.

Risal menjelaskan masing-masing usulan opsi lintas tersebut memiliki potensi dan kendalanya masing-masing. Kendati demikian dia menyampaikan bahwa telah dilakukan kajian awal untuk menyepakati opsi lintas yang akan ditawarkan kepada Korea Selatan.

Adapun berdasarkan kajian Multi-Criteria Analysis yang telah dilakukan, lintas yang paling memungkinkan untuk dibangun adalah lintas Fatmawati-TMII. Karena lintas Fatmawati-TMII memiliki hambatan paling sedikit dan melewati banyak pusat kegiatan masyarakat sehingga diharapkan dapat mengangkut lebih banyak orang dibandingkan opsi lintas lainnya.

Lebih lanjut Risal menyampaikan MRT Jakarta Fase 4 untuk lintas Fatmawati-TMII ini nantinya akan dibangun secara melayang dan bawah tanah.

"Koridor Fatmawati-TMII memiliki persentase jalan sempit sebanyak 31 persen sehingga jika dibangun secara melayang seutuhnya, akan memakan banyak sekali badan jalan," katanya.

Baca juga artikel terkait PROYEK MRT

tirto.id - Ekonomi
Sumber: Antara
Editor: Intan Umbari Prihatin