STOP PRESS! Pengacara Hadirkan Empat Ahli di Sidang Praperadilan Setnov

Musisi Rock Chris Cornell Meninggal Dunia di Usia 52 Tahun

Musisi Rock Chris Cornell Meninggal Dunia di Usia 52 Tahun
Chris Cornell. Roger Kisby/Getty Images
Reporter: Maya Saputri
18 Mei, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Musisi rock kondang Chris Cornell meninggal dunia di usia 52 tahun. Penyebab kematiannya yang mendadak dan tak terduga ini masih belum diketahui.
tirto.id - Vokalis grup Soundgarden dan Audioslave, Chris Cornell, meninggal dunia pada usia 52 tahun, seperti diberitakan The Guardian, Kamis (18/5/2017).

Dalam sebuah pernyataan kepada The Associated Press, perwakilan Chris, Brian Bumbery, mengatakan bahwa Chris Cornell meninggal pada Rabu (17/5/2017) malam di Detroit.

Bumbery menyebut kematian Cornell sebagai sesuatu yang "mendadak dan tak terduga" dan mengatakan bahwa istri dan keluarganya dikejutkan dengan kejadian ini.

Menurut Bumbery, pihak keluarga akan bekerja sama dengan tim pemeriksa medis untuk mencari tahu penyebab kematian rocker kondang tersebut dan meminta kerahasiaan.

Dikutip dari Wikipedia, Chris Cornell yang lahir pada 20 Juli 1964 adalah seorang musisi yang terkenal sebagai penyanyi, pemain gitar, dan pencipta lagu dari band Soundgarden (1984-1997) dan Audioslave (2001-2007).

Ia juga telah menerbitkan dua album solo, Euphoria Morning (1999) dan Carry On (2007). Selain itu ia juga menyanyikan lagu "You Know My Name" untuk soundtrack film Casino Royale.

Cornell mendirikan Soundgarden bersama Kim Thayil dan Hiro Yamamoto. Ia mulanya selain menyanyi juga memainkan drums, karena ingin berkonsentrasi pada vokal, mereka merekrut drummer Scott Sundquist. Setelah itu Sundquist digantikan oleh Matt Cameron, mantan drummer Skin Yard. Setelah menerbitkan album terakhir mereka Down on the Upside, mereka bubar pada 9 April 1997.

Pada 1998, Cornell mulai menulis lagu untuk album solonya, Euphoria Morning, diterbitkan pada 21 September 1999. Walaupun dinominasikan untuk "Best Male Rock Vocal Performance" pada Grammy Awards 2000 dengan single "Can't Change Me", album ini tidak terjual laris.

Cornell kemudian mulai mengerjakan album solo keduanya. Pada saat yang bersamaan, Rage Against the Machine sedang mencari penyanyi baru setelah Zack de la Rocha meninggalkan mereka.

Produser Rick Rubin menyarankan Cornell, dan memainkan lagu "Slaves & Bulldozers" untuk mereka. Cornell menunda proyek album solonya yang kedua untuk mendirikan Audioslave bersama Tom Morello, Tim Commerford, dan Brad Wilk.

Setelah menerbitkan 3 album, Cornell resmi menyatakan diri keluar dari Audioslave, dan mereka membubarkan diri.

Cornell kemudian mengerjakan album solonya kembali. Ia menjadi musisi laki-laki dari AS pertama yang menyanyikan lagu tema untuk film James Bond dengan "You Know My Name". Lagu ini juga dimasukkan ke albumnya Carry On dengan produser Steve Lillywhite.

Cornell meninggalkan tiga anak dari dua pernikahannya. Cornell sebelumnya menikah dengan Susan Silver, manajer Alice in Chains dan Soundgarden. Mereka memiliki seorang anak perempuan, Lillian Jean, lahir pada bulan Juni 2000. Dia dan Silver bercerai pada tahun 2004.

Setelah itu, ia menikah dengan Vicky Karayiannis. Pernikahan Chris dengan Vicky ini meninggalkan anak perempuan, Toni dan anak laki-laki, Christopher Nicholas.

Baca juga artikel terkait CHRIS CORNELL atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - may/may)

Keyword