Menuju konten utama

Mulai 1 April McDonald's Indonesia Tutup Sementara Layanan Dine-in

McDonald’s Indonesia menutup sementara layanan makan di tempat (dine-in)

Mulai 1 April McDonald's Indonesia Tutup Sementara Layanan Dine-in
Gerai McDonalds restaurant. GETTY IMAGES

tirto.id - McDonald’s Indonesia menutup sementara layanan makan di tempat (dine-in) untuk bantu upaya pemerintah mencegah penyebaran COVID-19.

Berdasarkan rilis pers yang diterima Tirto, konsumen yang ingin menikmati menu McD tetap dapat memesan lewat layanan Contactless Service Take Away, Contactless Drive Thru, dan Contactless McDelivery.

Penutupan layanan makan di tempat ini berlangsung hingga 14 hari ke depan, mulai Rabu (1/4/2020) dan dapat disesuaikan dengan mempertimbangkan situasi darurat virus corona yang ditetapkan pemerintah.

Mengenai penutupan sementara layanan makan di tempat ini, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka mengatakan bahwa sikap perusahaannya mencerminkan dukungan penuh terhadap imbauan pemerintah kepada seluruh pelaku bisnis di Indonesia untuk berperan aktif mencegah penyebaran COVID-19.

“Dengan suka rela kami menutup sementara layanan dan area makan di tempat di seluruh restoran McDonald’s di Indonesia, dan mengarahkan konsumen untuk memanfaatkan layanan Drive Thru, Take Away, dan McDelivery untuk menikmati menu McD. Keselamatan dan keamanan konsumen dan karyawan adalah prioritas McDonald’s Indonesia,” tulisnya.

Selain penutupan sementara layanan makan di tempat, Sutji juga menyampaikan bahwa McDonald’s Indonesia telah memperketat prosedur operasional standar dalam meningkatkan kebersihan di restoran-restoran McDonald’s mulai dari area dapur hingga ke semua titik kontak konsumen.

“Kami meningkatkan kebersihan dan menerapkan layanan contactless, yakni Contactless Serving Take Away, Contactless Drive Thru, dan Contactless McDelivery," katanya.

Ia menerangkan, pada layanan McDelivery, pihaknya mewajibkan pengiriman makanan diantar dengan tidak melakukan kontak fisik sama sekali antara konsumen dan rider McDelivery. Konsumen dapat mengambil sendiri pesanan langsung di dalam boks McDelivery. Untuk pembayaran, rider McDelivery akan menyiapkan dua kantong plastik, satu untuk pembayaran dan satu lainnya untuk uang kembalian.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan kepatuhan pada standard operating procedure juga diterapkan kepada setiap pihak. Seluruh Kru dan pemasok McDonald’s wajib melakukan pengecekan suhu tubuh 2 kali sehari yaitu sebelum bekerja dan setelah istirahat, mencuci tangan dengan sabun lebih sering dan menjaga kebersihan mulai dari tempat penyimpanan bahan baku, di dapur, hingga ke titik kontak dengan konsumen.

“Prinsip kebersihan di seluruh titik kontak konsumen adalah standar operasional sehari-hari McDonald’s. Di tengah darurat virus corona, kami memperketat operasional, meningkatkan kebersihan kru dan restoran. Kami ingin konsumen dapat tetap menikmati menu McDonald’s tanpa keraguan akan kebersihan dan kualitas makanan dan minuman yang dipesan,” pungkas Sutji.

Baca juga artikel terkait MCDONALDS atau tulisan lainnya dari Yulaika Ramadhani

tirto.id - Gaya hidup
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH