HUT RI Ke-77

Momen Upacara Bendera Merah Putih di Istana Negara 2022

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2022 13:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi perwakilan dari Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.
tirto.id - Momen peringatan detik-detik proklamasi berjalan lancar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Acara detik-detik proklamasi diawali dengan peniupan terompet.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin serta para ibu negara ikut mendampingi. Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian Dolomani, Buton, Sulawesi Tenggara sementara Wapres Maruf Amin mengenakan pakaian adat Banten.

Acara dilanjutkan dengan laporan dari komandan upacara kepada Jokowi selaku inspektur upacara. Setelah laporan, peringatan detik-detik proklamasi dilakukan dengan bunyi tembakan meriam 17 kali dan bunyi sirine di sekitar lokasi.

Setelah itu, pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Lalu pembacaan teks proklamasi, Jokowi memimpin langsung kegiatan mengheningkan cipta.


"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, utamanya sang proklamator Bung Karno dan Bung Hatta, mengheningkan cipta dimulai," Kata Jokowi.

Acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan Tim Pancasila Tangguh. I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama mewakili Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera mewakili Provinsi Sumatera Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah acara pengibaran bendera selesai oleh para paskibra, pergelaran acara fly pass pesawat tempur dengan angka 77 dan 8 helikopter TNI AU sambil membawa bendera merah putih. Lalu acara dilanjutkan lagu dari paduan suara Gita Bahana Nusantara dan penyanyi Farel Prayoga. Upacara ditutup dengan laporan upacara dan penghormatan kebesaran.




Baca juga artikel terkait PERAYAAN HUT RI KE-77 DI ISTANA NEGARA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight