Mohamed Salah Bisa Jadi Kunci Liverpool Juarai Liga Champions

Oleh: Wan Faizal - 31 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sama seperti di Liga Inggris, Liverpool selalu meraih kemenangan saat Salah mencetak gol.
tirto.id - Jika ingin menjuarai Liga Champions musim ini, Liverpool tampaknya harus benar-benar memaksimalkan ketajaman Mohamed Salah. Sebab, musim ini Liverpool selalu meraih kemenangan ketika penyerang asal Mesir itu bisa mencetak gol.

Ya, Salah memang bisa dikatakan menjadi kartu as bagi Liverpool. Musim 2018-2019 ini sebuah fakta menarik terjadi ketika Salah mencetak gol, maka Liverpool selalu memenangi pertandingan. Hal tersebut berlaku dalam 21 laga yang dimainkan Liverpool baik itu di Liga Inggris maupun Liga Champions.

Di Liga Inggris, Salah mampu mengoleksi 22 gol musim ini. Jumlah tersebut ia hasilkan dalam 38 pertandingan. Lebih rinci, 22 gol itu dikemas Salah hanya dalam 18 pertandingan dan tak ada satu pun dari 18 laga itu yang berakhir kalah atau seri alias semua sukses dimenangi The Reds.

Pindah ke Liga Champions, Salah hanya bisa mengemas empat gol sampai babak semifinal kemarin alias dalam 11 pertandingan. Sama seperti di Liga Inggris, Liverpool selalu meraih kemenangan saat Salah mencetak gol. Yakni saat mereka bersua Red Star Belgrade (dua gol) dan kemudian Napoli serta FC Porto.

Sementara di turnamen lain seperti FA Cup dan Carabao Cup tidak dihitung karena eks penyerang Chelsea, Fiorentina, dan AS Roma itu tidak mencatatkan satu gol pun di sana. Meski tidak mencetak gol, namun Salah masing-masing mengemas satu cap di kedua ajang tersebut.


Tumpul Lawan Tottenham

Apa yang dicapai Salah tersebut bisa membuat pasukan Spurs merinding. Pasalnya striker gesit macam Salah memang bisa memberikan masalah bagi pertahanan lawan.

Namun satu hal yang membuat kubu Spurs percaya diri adalah Salah selalu gagal mencetak gol saat bersua Spurs musim ini. Liverpool dua kali mengalahkan The Lilywhites dengan skor 2-1 baik di Anfield maupun Wembley, namun tidak ada nama Salah dalam daftar pencetak gol pasukan Jurgen Klopp.

Akan tetapi, Spurs pastinya tak boleh meremehkan pemain satu ini. Musim lalu Liverpool juga bermain di Final Liga Champions namun dikalahkan Real Madrid. Salah dalam laga itu malah bermain beberapa menit saja karena menderita cedera bahu. Maka, ada dendam tersendiri yang dibawa oleh Salah dalam pertandingan di Stadion Wanda Metropolitano nanti.

“Saya senang bisa mendapatkan peluang bermain di final lagi. Kali ini, saya berharap bisa bermain penuh. Saya ingin kami membenahi apa yang salah dari musim lalu dan kemudian membawa pulang trofi juara,” kata Salah di situs web resmi klub.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Wan Faizal