Mercedes Sesalkan Protes Lewis Hamilton ke FIA

Oleh: Putu Agung Nara Indra - 30 Juli 2016
Dibaca Normal 1 menit
Tim balap Formula 1 Mercedes menyesalkan aksi pembalapnya, Lewis Hamilton, yang mendatangi salah satu petinggi F1 untuk mempertanyakan pelanggaran aturan dari rekan setimnya, Nico Rosberg.
tirto.id -
"Sepemahaman saya, Lewis pergi dan menemui Charlie," kata ketua teknik timnya Paddy Lowe, mengacu pada direktur balap Formula 1 FIA Whiting, pada Jumat (29/07/2016).

"Namun itu bukan untuk meminta peninjauan ulang terhadap putaran Nico -- itu untuk pemahaman dia sendiri mengenai apa yang semestinya dilakukan pada masa yang akan datang, bagaimana hal itu berfungsi bagi dirinya di masa yang akan datang." "Menurut saya hal itu disesalkan," tambah Lowe, yang mengatakan Hamilton semestinya mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari timnya.

Rosberg meraih posisi start terdepan pada balapan terakhir di Hungaria, melaju lebih cepat pada putaran yang menjadi tolok ukur waktunya meski menghadapi dua kali kibaran bendera kuning, yang ditujukan untuk memperingatkan para pebalap mengenai mobil McLaren Fernando Alonso yang terpelintir.

Rosberg diperiksa setelah sesi itu namun para "steward" menilai sang pebalap telah cukup melambat dan mengizinkan dirinya tetap menghuni posisi start terdepan.

Hamilton, yang saat itu untuk sementara menduduki posisi start terdepan, menghubungi Whiting setelah sesi tersebut.

Namun pebalap Britania itu berkata hal itu dilakukan hanya untuk mengklarifikasi mengenai seberapa banyak para pebalap semestinya melambat untuk kibaran bendera kuning sebanyak dua kali, dan bukan agar para "steward" mengambil tindakan terhadap Rosberg.

Peraturan-peraturan mengatakan bahwa para pebalap harus melambat secara signifikan dan bersiap untuk berubah arah atau berhenti.

"Secara pribadi, ia semestinya mendapat saran dari tim dan kami dapat memperoleh informasi yang diperlukan dari Charlie," tutur Lowe.

"Itu hanya pertimbangan yang keliru dari sudut pandang tersebut." Whiting pada Jumat membantah bahwa dirinya telah dilobi pebalap manapun, yang akan mendiskusikan mengenai situasi bendera kuning dengan dirinya pada pengarahan pasca latihan reguler mereka.

"Saya yakin kami akan mendapatkan sedikit diskusi pada malam ini, namun saya tidak dilobi oleh pebalap manapun," ucapnya kepada para pewarta.

Ia juga mengungkapkan peraturan-peratuan yang lebih ketat untuk kualifikasi, yang ditujukan untuk menghindari ulangan kontroversi menyusul keberhasilan Rosberg untuk mengambil posisi start terdepan di Hungaria.

Bendera merah untuk menghentikan kualifikasi kini akan dikibarkan setiap kali bendera kuning berkibar dua kali, dimulai pada Grand Prix Jerman akhir pekan ini.

Hamilton dan Rosberg, yang dulunya merupakan teman baik saat masih anak-anak namun kini menjadi rival, menjelang Grand Prix Jerman pada Minggu dengan terpisah enam angka.

Pebalap Britania itu memimpin, setelah menggeser pebalap Jerman itu dari puncak klasemen setelah kemenangannya di Hongaria.

Baca juga artikel terkait FORMULA 1 atau tulisan menarik lainnya Putu Agung Nara Indra
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: Antara
Penulis: Putu Agung Nara Indra
Editor: Putu Agung Nara Indra
DarkLight