Menteri Rini Siapkan Program Khusus Agar YIA Tak Seperti Kertajati

Oleh: Irwan Syambudi - 7 Mei 2019
Dalam kunjungannya ke YIA, Rini Soemarno mengatakan sejumlah program telah disiapkan untuk membuat YIA ramai penumpang. Salah satu yang ditekankan adalah program untuk pariwisata, khususnya ke Borobudur.
tirto.id -
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyiapkan sejumlah program agar Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo tak sepi seperti Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Dalam kunjungannya ke YIA, Selasa (7/5/2019), Rini mengatakan sejumlah program telah disiapkan untuk membuat YIA ramai penumpang.

Salah satu yang ditekankan adalah program untuk pariwisata, khususnya ke Borobudur.

"Makanya dari sini saya mau langsung ke Borobudur. Saya ingin tahu berapa jauh ke Borobudur karena memang kita harus membuat program-program menarik untuk para penumpangnya sehingga mereka juga merasa nyaman untuk datang ke Kulon Progo," kata Rini.

Ia menyadari bahwa masyarakat yang tinggal di Kota Yogyakarta masih merasa bahwa Bandara Internasional Adisutjipto lebih dekat dibandingkan YIA. Oleh karena itu perlu adanya terobosan.

"Ini yang harus kita pikirkan. Apa yang kita programkan? Makanya salah satunya [program] wisatawan nusantara ataupun internasional, yang menarik untuk ke Borobudur ataupun ke tempat lain," kata Rini.

Salah satu upaya yang akan dilakukan kata dia adalah dengan menyediakan transportasi penunjang yang membuat para penumpang nyaman menuju YIA. Dan sejumlah BUMN seperti PT KAI dan Perum Damri yang kata Rini juga sedang membuat program sehingga menarik masyarakat untuk mendarat di YIA.

"Kita sediakan bus yang nyaman dan itu sedang kita siapkan. BUMN sedang membuat program-program sehingga menarik untuk mendarat di Kulon Progo," katanya.


Baca juga artikel terkait BANDARA KULON PROGO atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight