Menkominfo & Kapolri Bahas Pengamanan Pembangunan Infrastruktur TIK

Oleh: Adi Briantika - 4 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Saat bertemu Kapolri Sigit, Plate ingin memastikan pelaksanaan pembangunan berjalan lancar dan berharap Polri membantu soal pengamanan.
tirto.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bertemu untuk membahas perihal program pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) digital di kawasan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Secara spesifik, dalam rangka mengajak masyarakat migrasi ke ruang digital, perlu dibangun infrastruktur digital TIK yang lebih memadai ke seluruh wilayah tanah air. Kominfo akan membangun infrastruktur TIK di wilayah 3T melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo," kata Johnny, Selasa (4/5/2021).

Dalam pertemuan itu, ia ingin memastikan pelaksanaan pembangunan berjalan lancar dan berharap Polri dapat membantu soal pengamanan. Kominfo berencana menyelesaikan pembangunan infrastruktur TIK pada 2022 di 83.548 desa dan kelurahan. Kerja sama ini, kata Johnny, akan membantu suksesnya program pembangunan TIK nasional.

Kapolri Sigit merespons hal tersebut. "Polri siap mendukung seluruh program dari Menkominfo untuk bangun infrastruktur TIK, sehingga segera terwujud, bisa segera beri pelayanan bagi seluruh masyarakat," ujar dia.

Menurut Sigit, pembangunan itu akan membuat jaringan TIK masyarakat di wilayah 3T berkemampuan sama dengan area perkotaan.

"Demikian juga dengan hal-hal penegakan aturan di ruang siber yang harus dijaga bersama sebagai bagian dari upaya tetap menjaga negara tercinta," imbuh Sigit. Sementara itu, Bakti merupakan unit organisasi non-eselon di lingkungan Kominfo yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum.

Organisasi yang dipimpin oleh Direktur Utama itu berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri. Bakti bertugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelayanan Universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika.



Baca juga artikel terkait INFRASTRUKTUR TIK atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Abdul Aziz
DarkLight