Menko Luhut Bermimpi Indonesia Punya Senjata Nuklir

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 4 Februari 2020
“Saya juga terpikir sebagai jenderal ingin juga [Indonesia] punya nuclear power. Tapi Presiden Joko Widodo masih memikirkan kesejahteraan,” kata Luhut.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan agar Indonesia dapat memiliki senjata nuklir. Keinginan Luhut ini muncul dari hasil kunjungannya ke World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss pada awal Januari 2020 lalu.

“Saya juga terpikir sebagai jenderal ingin juga [Indonesia] punya nuclear power. Tapi Presiden Joko Widodo masih memikirkan kesejahteraan,” ucap Luhut dalam paparannya dalam sebuah acara di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Luhut bilang kehadiran ide senjata nuklir ini terbesit tatkala ia mengikuti pembicaraan sejumlah negara dunia seperti Amerika Serikat, India, Cina, dan Korea Utara. Dalam pembicaraan itu jenderal yang ia kenal asik berbicara dengan perwakilan negara tadi tetapi Indonesia katanya tidak diajak bicara. Luhut pun jengkel.

“Kita enggak dianggap," kata Luhut.

"Dalam hati saya sialan ini orang. Kalau saya bilang sama dia, eh jenderal, saya bilang jenderal saya juga lulusan sekolah di Amerika. You know what? Kami negara itu punya semua," imbuhnya.

Luhut pun sempat menyatakan kalau masalah atau kekacauan di dunia ini disebabkan oleh negara-negara yang memiliki senjata nuklir. Hal itu ia sempat ia utarakan melalui pertanyaan pada forum di Davos. Ia pun menjawab sendiri pertanyaannya itu dengan berkata, “fithy-fithy (50-50) persen nnegara yang punya nuclear power yang bikin ribut.”

Luhut juga mengaku sempat berceloteh kepada perwakilan negara yang ia temui, bahwa Indonesia ingin memiliki senjata nuklir. Namun, menurut Luhut negara-negara yang mendengarnya segera melarang dengan meminta Indonesia mengurungkan niatnya itu. Meski begitu, Luhut mengaku keingingannya tak berubah.

“Tapi saya bilang timbang-timbang boleh juga punya nuclear power biar enggak kalian aja yang ribut-ribut,” ucap Luhut.


Baca juga artikel terkait LUHUT BINSAR PANDJAITAN atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Bayu Septianto
DarkLight