Menkes Targetkan 95% Anak di Pidie Diimunisasi Polio Pekan Ini

Reporter: Farid Nurhakim, tirto.id - 6 Des 2022 13:36 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menkes Budi Gunadi Sadikin menambah tenggat satu minggu dari target Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) di Pidie sebelumnya.
tirto.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin optimistis target 95 persen anak di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, diimunisasi polio tercapai pada pekan ini. Budi menambah tenggat satu minggu dari target Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) di Pidie sebelummya.

“Menurut saya teman-teman di Aceh ini hebat sekali bisa menggerakan masyarakatnya karena dari 95.603 anak di Kabupaten Pidie, saya minta target satu minggu selesai,” kata Budi melalui siaran pers Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dikutip pada Selasa (6/12/2022).

Budi turut mengapresiasi kinerja banyak pihak di Pidie dalam menangani kejadian luar biasa (KLB) polio lewat imunisasi massal.


“Saya lihat data mana saja provinsi maupun kabupaten atau kota yang memang cakupan vaksinasi polionya rendah. Provinsi Aceh memang bukan yang paling rendah tapi termasuk yang rendah,” kata dia.

Budi mengajak para orang tua yang memiliki anak usia 0-12 tahun untuk segera membawa anaknya ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) atau pos imunisasi terdekat agar mendapat imunisasi polio.

Dia mengimbau supaya pemberian imunisasi polio dilakukan secara lengkap, yakni empat kali imunisasi polio tetes (oral polio vaccine/OPV) dan dua kali imunisasi polio suntik (inactive polio vaccine/IPV).

“Kenapa banyak? Karena tipe virusnya banyak, dan itu harus lengkap. Jika tidak lengkap maka berisiko terkena virus polio tersebut,” ujar dia.

Berdasar laporan dari Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki, pada hari ke-6 pelaksanaan imunisasi polio serentak, Minggu (4/12/2022) sudah tercapai 79.5 persen anak yang diimunisasi.

“Pelaksanaan sub-PIN (Pekan Imunisasi Nasional) polio sebagai respon dari KLB polio di Aceh telah dilaksanakan di Kabupaten Pidie sejak 28 November lalu dan pada Minggu (4/12/2022) kemarin sudah mencapai 79,5 persen. Semoga target 95 persen bisa tercapai,” ujar Achmad dalam siaran pers yang sama.

Pelaksanaan Sub-PIN ini akan dilanjutkan di 22 kabupaten atau kota di Provinsi Aceh dengan target sasaran sekitar 1.217.939 anak di rentang usia 0-12 tahun. Target imunisasi polio di seluruh wilayah kabupaten atau kota di Provinsi Aceh sekurang-kurangnya sebanyak 95 persen dari jumlah anak.



Baca juga artikel terkait KLB POLIO ACEH 2022 atau tulisan menarik lainnya Farid Nurhakim
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight