Menkes Berkomunikasi dengan WHO soal Status Pandemi COVID-19

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 3 Okt 2022 13:43 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan penentuan status pandemi COVID berakhir atau tidak berada di tangan WHO.
tirto.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim telah berkomunikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) soal status pandemi COVID-19. Hal itu dilakukan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo.

"Pak presiden meminta saya untuk berkonsultasi dengan Dirjen WHO [soal pandemi COVID-19]," kata Budi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Budi mengklaim WHO membolehkan kebijakan pelonggaran pengetatan kegiatan masyarakat berbasis kebijakan negara masing-masing. Akan tetapi, penentuan status pandemi COVID berakhir atau tidak berada di tangan WHO.

"karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yg akan memberikan timing-nya kapan... Itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia [WHO] akan resmikan, di-publish resmi," Kata Budi.

Saat disinggung soal kebijakan masker, Budi menjawab singkat bahwa hal tersebut wewenang Jokowi. "Itu tergantung bapak presiden," Kata Budi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyatakan kemungkinan pemerintah akan mengumumkan akhir pandemi COVID-19 dalam waktu dekat. Jokowi beralasan penyebaran virus Corona sudah mulai mereda.

"Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kami nyatakan pandemi sudah berakhir," kata Jokowi di acara Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Meski begitu, Jokowi mengatakan pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19 belum sepenuhnya normal. Ia menilai situasi ekonomi di dunia saat ini tidak baik-baik saja. Kondisi ini menimpa semua negara, termasuk negara-negara maju.


Baca juga artikel terkait STATUS PANDEMI CORONA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight