Menhub Minta Darmin Turun Tangan Atasi Harga Tiket Pesawat Mahal

Reporter: Hendra Friana, tirto.id - 25 Apr 2019 16:04 WIB
Menteri Perhubungan mengatakan Menko Darmin punya wewenang penuh untuk pengendalian tarif tiket pesawat.
tirto.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyerahkan permasalahan harga tiket pesawat ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Menurutnya, Darmin harus melakukan intervensi agar harga tiket dapat terkendali jelang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat koordinasi persiapan Ramadan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). "Pak Menko sudah sepakat untuk mengambil bagian dalam hal ini," ujarnya.

Menurut Budi, Darmin punya wewenang penuh untuk pengendalian tarif tiket pesawat yang dapat memengaruhi inflasi harga-harga sepanjang Ramadan, terutama saat musim mudik Lebaran.

Permasalahan tersebut nantinya bakal dibahas oleh Menko Perekonomian dengan sejumlah stakeholder serta tim pengendali inflasi pusat (TPIP). Apa pun hasilnya, Budi memastikan, kementeriannya akan melaksanakan rekomendasi dari forum.

Rencananya, lanjut Budi, Darmin juga bakal berkomunikasi dengan para maskapai penerbangan. Soalnya, di musim mudik lebaran kenaikan pengguna pesawat cenderung di atas rata-rata "Kita prediksi kenaikan pemudik tahun ini tiga sampai empat persen," ucapnya.

Sementara itu, Darmin mengatakan bahwa aturan yang tak tegas dan jelas membuat para maskapai dapat menaikkan harga tiket pesawat dengan semena-mena. "Perlu ada aturan yang jelas, mengenai batas atas dan batas bawah itu supaya dipatuhi semua," ungkap Darmin, Kamis (25/4/2019).

Untuk itu lah, ia sempat pesimistis tiket pesawat jelang Lebaran bisa turun. "Biasanya pada bulan (jelang) Idul Fitri dia naik lagi," tuturnya.



Baca juga artikel terkait HARGA TIKET PESAWAT atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight