Mengenal Sepeda Lipat Brompton Sejarah, Harga dan Kelebihan

Oleh: Agung DH - 6 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sepeda Brompton dijual dengan harga paling murah Rp16 jutaan. Apa sebenarnya keunggulan dari sepeda ini?
tirto.id - Sepeda lipat Brompton menjadi bahan pembicaraan publik. Perkaranya Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara diketahui membawa sepeda lipat itu secara ilegal di dalam pesawat baru pesanan perusahaan plat merah itu bersama dengan sparepart Harley Davidson.

Belakangan, Menteri BUMN Erick Thohir resmi memberhentikan Ngurah Askhara yang menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia sejak September 2018 silam itu. Kini jabatan Ngurah Aksara diganti oleh Fuad Rizal sebagai pelaksana tuga Dirut Garuda Indonesia. Fuad sebelumnya merupakan Direktur Keuangan Garuda Indonesia.

Sejarah Sepeda Brompton

Sepeda Brompton adalah salah satu merk sepeda terkenal di dunia. Menurut situs resmi Brompton, sepeda ini dirancang pertama kali pada 1975 oleh Andrew Ritchie di South Kensington, London, Inggris.

Saat itu, desain awal sepeda Brompton masih cukup kasar tetapi lipatannya rapi, nyaman dan simpel. Belakangan sepeda lipat ini menemukan desain terbaiknya dan menjadi merk global pada 2011 silam.

Selain itu, Brompton juga memproduksi sepeda lipat listrik. Bobot baterai (2,9kg) terpisah dengan sepeda listrik (13,7kg) sehingga mudah dibawa, bahkan ditenteng sekalipun.


Harga Sepeda Brompton

Sepeda lipat Brompton dapat dibuat khusus sesuai spesifikasi yang diinginkan pengguna. Konsumen dapat memilih dari beragam warna, opsi persneling, sadel, dan aksesorisnya. Pesanan khusus tersebut dirakit dalam waktu 6-8 minggu.

Untuk spesifikasi terendah atau paling murah harga sepeda lipat Brompton sekitar 900 Poundsterling atau sekitar Rp16.606.054. Sedangkan harga sepeda lipat Brompton S2L-X Black Edition Gloss Titanium di Indonesia dibanderol Rp53.500.000.


Ilustrasi Sepeda Brompton
Ilustrasi sepeda brompton. foto/istockphoto

Kelebihan Sepeda Brompton


Ada beberapa alasan kenapa sepeda ini layak dihargai mahal, beberapa alasan itu antara lain:

1. Sepeda lipat Brompton ringan, portable, namun memakai bahan yang kuat. Kemudahannya dapat dibawa saat bepergian jauh menggunakan pesawat, mobil, atau transportasi lain.

2. Walau terkesan mahal, namun sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli Brompton jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya transportasi harian menggunakan transportasi lain atau alat gym, menurut klaim perusahaan ini.

3. Keunggulan lain, sepeda Brompton didesain agar pengendara bisa aman saat menggunakan di jalan raya

4. Memiliki sepeda Brompton dapat menaikkan gengsi pemilik, alasannya karena harga relatif tinggi dan komunitas-komunitasnya adalah para eksekutif. Terlebih karena Brompton adalah rajanya sepeda lipat.

Baca juga artikel terkait SEPEDA atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Agung DH
Editor: Ibnu Azis
DarkLight