Mengenal Sepakbola Mini alias Mini Soccer serta Aturan Permainan

Oleh: Adrian Samudro - 2 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sepakbola mini berbeda dengan sepakbola pada umumnya. Perbedaannya terutama pada luas lapangan, jumlah pemain, dan aturan permainan.
tirto.id - Mini soccer atau sepakbola mini merupakan salah satu cabang dari olahraga sepakbola yang dimainkan dengan jumlah pemain sekitar 7-9 orang dalam setiap tim.

Olahraga ini berbeda berbeda dengan futsal yang biasanya dimainkan di dalam ruangan (indoor). Karena pada dasarnya olahraga ini dimainkan di lapangan terbuka seperti sepakbola pada umumnya.

Hanya saja lapangan yang digunakan memiliki ukuran 60x40 m atau lebih kecil bila dibandingkan dengan lapangan sepakbola biasa, dan lebih besar ketimbang lapangan futsal.

Biasanya sepakbola mini ini diperuntukkan bagi pemain berusia di bawah 15 tahun yang bertujuan untuk digunakan untuk berlatih dan memperkenalkan olahraga sepakbola sejak dini.

Kelompok usia pemain pun akan mempengaruhi ukuran lapangan yang digunakan. Semakin rendah kategori umur, ukuran lapangan juga akan semakin kecil.

Lapangan dengan ukuran yang lebih kecil juga memudahkan pemain untuk menguasai permainan dengan cepat. Bola yang digunakan pun disesuaikan berdasarkan lapangannya yakni ukuran nomor 3 atau 4.

Aturan Permainan Sepakbola Mini

Sistem permainan yang diterapkan berbeda dengan sepakbola umum. Dalam mini soccer tidak ada aturan offside. Selain itu, olahraga ini juga memungkinkan untuk melakukan pergantian pemain secara bebas atas seizin wasit bahkan ketika pertandingan berlangsung.

Hal ini bertujuan agar semua anggota tim dapat bermain secara imbang dengan porsi minimal 50 persen per pemainan untuk setiap pertandingan yang dimainkan.

Durasi pertandingannya sendiri akan dibagi menjadi 2 bagian yang sama yaitu 15 menit untuk setiap game dan tidak ada waktu tambahan yang diberikan.

Dalam mini soccer, sebuah gol tidak dapat dicetak langsung dari awal atau permulaan permainan. Semua tendangan bebas pada permainan ini juga bersifat langsung.

Meski begitu, mini soccer atau sepak bola mini masih menekankan sejumlah aturan dan pelanggaran lain yang telah ditentukan oleh Football Association.

Para pemain juga diharuskan untuk mengenakan atribut lengkap layaknya atlet sepakbola sungguhan, seperti sepatu khusus, kaus kaki panjang, jersey dan pelindung tulang kering.

Seperti olahraga lainnya sepak bola mini juga memiliki naungan, mulai dari tingkatan dunia atau internasional yang bernama World Minifootball Federation (WMF), hingga lokal termasuk di Indonesia yakni Federasi Sepakbola Mini Indonesia.

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA MINI atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Agung DH
DarkLight