Mengenal Monstera, Tanaman Hias Berharga Hingga Jutaan Rupiah

Oleh: Abdul Hadi - 10 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Monstera berasal dari hutan tropis di bagian selatan Meksiko hingga selatan Panama. Sejak dahulu, ia sudah kondang sebagai tanaman hias dalam ruangan.
tirto.id - Akhir-akhir ini, tanaman hias Monstera sedang naik daun. Ia lagi ramai-ramainya dicari kolektor tanaman hias. Karena perputaran bisnis yang dinamis, hukum ekonomi pun berlaku: kian tinggi permintaan, harga Monstera pun melambung tinggi.

Harga tanaman hias Monstera bervariasi, tergantung jenis, bentuk, estetika, dan kualitasnya. Dari beberapa platform penjualan tanaman hias, Monstera dibanderol mulai dari puluhan ribu hingga lebih dari enam juta rupiah per tanaman.

Sebenarnya, tanaman hias Monstera bukan asli Indonesia. Dilansir dari ProFlowers, Monstera berasal dari hutan tropis di bagian selatan Meksiko hingga selatan Panama. Sejak dahulu, ia sudah kondang sebagai tanaman hias dalam ruangan. Daunnya yang berlubang sudah sering dijadikan motif hiasan dinding, vas, hingga corak di seprai dan bantal.

Laman monsteraplantresource.com menuliskan sembilan jenis tanaman Monstera, meliputi Monstera deliciosa, Monstera borsigniana, Monstera variegata, Monstera adansonii, Monstera pinnatipartita, Monstera dubia, Monstera siltepecana, Monstera obliqua, dan Rhaphidophora tetrasperma. Yang paling terkenal adalah Monstera deliciosa yang kerap dijadikan tanaman hias interior ruangan.


Tanaman Monstera terkenal dengan daunnya yang cukup besar dan berwarna hijau. Daun inilah yang memberi kesan eksklusif jika dipajang di ruangan. Manfaat alaminya, Monstera dapat meningkatkan kualitas udara karena ia memproduksi oksigen, terutama di malam hari.

Tanaman Monstera ini jika dipelihara dapat tumbuh hingga 20 meter. Batangnya tinggi, besar, kasar, dan mengkilap. Daunnya berbentuk hati, dengan panjang 25 hingga 90 sentimeter. Luas daunnya mulai dari 25 hingga 75 sentimeter.

Dilansir dari laman Gardening, Monstera biasanya tumbuh di suhu 20 hingga 30 derajat celsius. Ia merupakan tanaman yang membutuhkan kelembaban tinggi. Wajar saja, tanaman Monstera berasal dari hutan tropis yang sering terkena hujan. Lubang di daunnya berfungsi untuk meloloskan air dari derasnya hujan.

Jika Monstera ditanam di tanah subur, ukuran daunnya akan melebar. Namun, jika ditanam di pot, ukuran daunnya kecil, biasanya seukuran telapak tangan orang dewasa.

Perawatan tanaman hias Monstera juga tidak rewel dan sederhana. Untuk media tanamnya cukup dengan campuran tanah dengan pasir dan kompos. Monstera juga tidak perlu banyak kena cahaya matahari sehingga amat cocok untuk hiasan interior ruangan. Penyiramannya pun tidak perlu rutin setiap hari, cukup minimal dua hingga tiga kali seminggu dan diberi pupuk secara berkala.


Baca juga artikel terkait MONSTERA atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight