Mengenal Jenis Masker yang Bisa Digunakan untuk Cegah Virus Corona

Oleh: Versatile Holiday Lado - 4 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal jenis masker yang bisa digunakan untuk mencegah virus corona, mulai dari facemasks hingga respirator.
tirto.id - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Coronavirus sebagai kondisi darurat Internasional pada 31 Januari 2020. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyebaran virus yang meluas sebanyak 18 negara yang terkena Coronavirus.

Menyangkut pemberitaan ini, berbagai upaya pun dilakukan agar penyebaran tidak meluas. Cina secara intens bekerja sama dengan negara lain agar mencegah penyebaran.

Masyarakat juga turut antisipasi dengan melakukan perlindungan diri seperti mencuci tangan, menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, tidak kontak langsung dengan hewan dan menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

Masker yang digunakan pun banyak tersebar dengan berbagai macam fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis masker yang dilansir dari Healthline.

  • Facemasks
Masker jenis ini sering kita jumpai. Masker ini tidak disarankan untuk digunakan dalam keperluan mencegah kontaminasi melalui udara yang terdiri dari partikel kecil dan tak terlihat oleh mata telanjang.

Masker ini dirancang tidak untuk menutup wajah secara rapat. Facemasks atau masker yang digunakan oleh dokter-dokter ini dirancang tahan cairan dan semprotan berbahaya seperti bakteri pada luka operasi atau air liur pasien.

  • Respirator
Respirator dirancang untuk melindungi pemakainya dari partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus.

Respirator dirancang mengikuti wajah pengguna agar sesuai dan dapat tertutup dengan rapat sehingga tidak ada celah yang memungkinkan masuknya virus melalui udara.

Petugas kesehatan menggunakannya untuk melindungi terhadap penyakit menular melalui udara seperti tuberkulosis dan antraks. Tidak seperti sungkup muka biasa, respirator melindungi partikel besar maupun kecil.

Secara keseluruhan, respirator dianggap jauh lebih efektif dalam mencegah virus flu daripada wajah biasa.

Respirator yang dapat digunakan adalah dengan tipe N-95 atau N-99. Masker N-95 dirancang dengan perlindungan 95 persen dari partikel-partikel halus sekalipun.

Sama halnya dengan masker N-95, masker N-99, memberikan perlindungan lebih baik dengan 99 persen tingkat perlindungan. Carilah varian yang mengandung filter karbon aktif karena dapat membantu menyerap bau, bakteri, dan virus.

Menurut Medanta, Selain respirator yang bertipe “N” adapun yang bertipe “P”. Hal tersebut dapat ditemukan pada masker P-100. Selain menyaring debu, virus dan partikel berbahaya, respirator ini dapat dirancang untuk menyerap partikel yang mengandung minyak.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS KORONA atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight