Mengapa Trump Tuding Joe Biden Bisa Sebabkan Perang Dunia 3?

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 1 Feb 2023 17:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Trump mulai menyerang Presiden AS Joe Biden menjelang Pilpres 2024 di Amerika Serikat.
tirto.id - Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald J Trump menuding Joe Biden membawa negara mereka ke jurang Perang Dunia 3. Pernyataan itu dilontarkan Trump pada pertemuan tahunan Partai Republik di Salem, New Hampshire pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Trump saat ini tengah mempersiapkan diri untuk maju di pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2024. Dia mengadakan dua pertemuan di New Hampshire dan South Carolina. Pertemuan itu merupakan acara publik pertama dari rangkaian kampanyenya.

Trump mengkritik Biden yang lemah dan tidak mampu membawa kedamaian di dunia. Trump bilang, jika dia menjadi Presiden, dia akan melakukan kesepakatan damai perang Rusia-Ukraina dengan kekuatan yang dimilikinya sebagai pemimpin Amerika Serikat.

Trump mengklaim bahwa dia mampu menghasilkan kesepakatan damai dalam waktu hanya 24 jam. "Melalui kelemahan dan ketidakmampuan, Joe Biden telah membawa kita ke jurang Perang Dunia III," ujar Trump dikutip dari WION News.

"Kita berada di ambang Perang Dunia 3, kalau-kalau ada yang tidak mengetahuinya. Sebagai presiden, saya akan mengembalikan perdamaian melalui kekuatan," kata dia.

Pada awal Desember tahun lalu, Presiden AS Joe Biden mengaku akan berbicara dengan Rusia jika Presiden Vladimir Putin bersedia untuk mengakhiri perang.

“Saya siap untuk berbicara dengan Tuan Putin jika memang dia [...] mencari cara untuk mengakhiri perang. Tapi dia belum melakukannya,” kata Biden dalam konferensi pers di Gedung Putih bersama Macron seperti dikutip The Guardian.


Kampanye Trump untuk Pemilu 2024

Pada kampanye awalnya, Trump bertekad untuk memenangkan Pemilu 2024. Dia menjelaskan, keinginananya untuk memimpin kembali Amerika Serikat adalah demi untuk masa depan negara.

"Saya lebih marah sekarang dan saya lebih berkomitmen sekarang daripada sebelumnya dan bahwa kampanye ini adalah tentang masa depan," ungkap Trump dikutip dari Intelligencer.

Menurut Trump, Pemilu 2024 adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan Amerika Serikat. Dia khawatir jika dia tidak terpilih menjadi Presiden lagi, maka bahaya perang nuklir akan mengintai.

Sebagaimana diwartakan NBC News, Trump juga melukiskan gambaran suram Amerika Serikat di bawah pimpinan Biden dan berjanji, jika terpilih dia akan membalikkan inflasi, mengamankan perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko, dan memperkuat posisi Amerika sebagai kekuatan global.

Tak hanya itu, dia juga dengan frontal menyalahkan Biden atas penyebrangan illegal di perbatasan dan kematian akibat narkoba.


Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Politik)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight